<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Asesmen Literasi Matematika dengan Metode Fuzzy C-Mean (FCM)\r\nMenggunakan Platform Computerized Adaptive Testing (CAT)."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh asesmen metode FCM \r\nuntuk tes literasi matematika berbasis CAT (ALFA-CAT); (2) Mendapatkan\r\nkonstruk instrumen literasi matematika mahasiswa S1 PGSD; (3) Memperoleh\r\ninstrumen literasi matematika yang berkualitas untuk mahasiswa S1 PGSD; dan (4) \r\nMendapatkan ALFA-CAT yang performanya baik.\r\nPenelitian ini berjenis R&D dengan implementasi 2 model pengembangan, \r\nyaitu pengembangan instrumen dengan model Oriondo & Dallo-Antonio, \r\npengembangan asesmen berbasis CAT dengan model waterfall dari Pressman, dan \r\nimplementasi kombinasi keduanya disebut model ALFA-CAT. Pengembangan \r\ninstrument dilakukan dua tahap, yaitu ujicoba (116 mahasiswa, 1 dosen, 1 \r\nuniversitas) dan implementasi (1028 mahasiswa, 4 dosen, 4 universitas). Instrument \r\nhasil implementasi ini diseleksi dengan ketat dari 230 hingga tersisa 213 untuk \r\ndijadikan bank soal CAT. Pengembangan CAT dilakukan beberapa tahap, yaitu \r\nujicoba 1 dan 2 (totalnya 61 mahasiswa, 3 dosen, 3 universitas) dan implementasi \r\n(33 mahasiswa, 2 dosen, 2 universitas). Validitas isi/konten instrument melibatkan \r\n5 ahli psikometri dan matematika, dilengkapi dengan validitas konstruk \r\nmenggunakan CFA. Validasi CAT melibatkan 3 ahli pemrograman dan psikometri.\r\nReliabilitas instrument diestimasi dengan beberapa cara, utamanya dengan \r\nCronbach Alpha (�). Karakteristik butir instrument diperoleh dengan analisis IRT \r\n2 PL. Kesetaraan antar paket soal dianalisis dengan Equating. Analisis klaster \r\nterhadap kemampuan literasi matematika menggunakan FCM.\r\nHasil penelitian ini yaitu: (1) ALFA-CAT berhasil dikembangkan dengan \r\nbaik ditinjau dari tujuannya, data dan atributnya, parameternya, algoritmanya, serta \r\ninterpretasi keputusan asesmennya; (2) Konstruk instrumen literasi matematika \r\nuntuk mahasiswa S1 PGSD berhasil didapatkan yaitu uji CFA menunjukkan \r\nkeseluruhan paket soal memiliki konstrak yang sesuai; (3) Instrumen literasi \r\nmatematika yang berkualitas untuk mahasiswa S1 PGSD berhasil diperoleh, di \r\nmana terbukti validitasnya tinggi dan terestimasi reliabilitasnya juga tinggi (� >\r\n0,9). Seleksi soal menghasilkan 213 soal yang valid dan bebas bias, setelah \r\nmenghapus soal-soal yang bermasalah dengan seleksi ketat (parameter 0,3 ≤ a ≤\r\n3, −3 ≤ b ≤ 3, dan DIF gender). Equating menunjukkan adanya kesetaraan \r\nkesulitan antara 5 paket soal dan 5 anchor; serta (4) ALFA-CAT terbukti lebih \r\nefisien dari metode konvensional tanpa perbedaan signifikan pada nilai peserta \r\nmeskipun menggunakan soal dan waktu yang lebih sedikit. Selain itu, penggunaan \r\nmetode EAP, metode Maximum Information, dan FCM dalam CAT memastikan \r\nasesmen kemampuan yang akurat dan memberikan feedback yang lengkap bagi \r\npeserta. Penggunaan FCM menghasilkan klasterisasi kemampuan yang fleksibel, \r\nselaras dengan prinsip asesmen adaptif berbasis CAT."^^ . "2025-07-04" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Okky riswandha"^^ . "Imawan"^^ . "Okky riswandha Imawan"^^ . . "Heri"^^ . "Retnawati"^^ . "Heri Retnawati"^^ . . . . . . "Pengembangan Asesmen Literasi Matematika dengan Metode Fuzzy C-Mean (FCM)\r\nMenggunakan Platform Computerized Adaptive Testing (CAT). (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88215 \n\nPengembangan Asesmen Literasi Matematika dengan Metode Fuzzy C-Mean (FCM) \nMenggunakan Platform Computerized Adaptive Testing (CAT).\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Media Pendidikan" . .