<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Diagnostik Kesulitan Belajar \r\nMatematika Berbasis Bayesian untuk Computerized Adaptive Testing."^^ . "Penelitian ini adalah untuk mengembangkan model diagnostik kesulitan \r\nbelajar matematika yang didasarkan pada Bayesian Network (BN) untuk \r\ncomputerized adaptive testing (CAT). Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah \r\n(1) memperoleh konstruksi instrumen tes diagnostik kesulitan belajar matematika \r\nmateri bilangan bulat fase B sampai fase D pada kurikulum merdeka yang tepat, \r\n(2) menghasilkan instrumen tes diagnostik kesulitan belajar matematika materi \r\nbilangan bulat fase B sampai fase D pada kurikulum merdeka yang berkualitas, (3) \r\nmenghasilkan model Bayesian Network untuk CAT yang sesuai untuk diagnostik\r\nkesulitan belajar matematika materi bilangan bulat fase B sampai fase D pada \r\nkurikulum merdeka, (4) menghasilkan performansi model BN-CAT untuk \r\ndiagnosis kesulitan belajar matematika materi bilangan bulat fase B sampai fase D \r\npada kurikulum merdeka yang baik (akurat dan efisien).\r\nPengembangan instrumen tes diagnostik kesulitan belajar matematika materi \r\nbilangan bulat berjenis pilihan ganda empat opsi menggunakan model Research \r\nand Development (R&D) Tessmer. Pengembangan instrumen dilakukan melalui uji \r\nvalidasi ahli, uji coba terbatas, dilanjutkan dengan uji lapangan di 16 SMP \r\nNegeri/Swasta terakreditasi (A, B, dan C) di Kota/Kabupaten Cirebon pada periode \r\nMei–Oktober 2024. Validitas konten instrumen dinilai oleh sembilan ahli (ahli \r\ndibidang evaluasi pendidikan, konten matematika, asesmen berbasis \r\nkomputer/jaringan Bayesian, guru SMP, serta guru SD) dengan revisi berdasarkan \r\nmasukan mereka. Instrumen diujikan ke 1.094 siswa, dianalisis dengan validitas \r\nkonstruk (CFA) serta kualitas butir (DIF, IRT 3-PL). Model BN dirancang \r\nberbasis Evidence Centered Design (ECD), divalidasi dengan stratified 10-Fold \r\nCross Validation. Sistem CAT berbasis algoritma entropy diimplementasikan dan \r\ndibandingkan dengan fixed test, lalu diintegrasikan dalam aplikasi web interaktif\r\n(Streamlit) untuk simulasi tes, visualisasi hasil, dan deskripsi hasil diagnosis.\r\nHasil penelitian ini mencakup empat capaian utama sesuai tujuan. Pertama, \r\nberhasil dikembangkan instrumen tes diagnostik kesulitan belajar matematika \r\nmateri bilangan bulat fase B–D Kurikulum Merdeka yang memenuhi \r\nprinsip kesesuaian konstruksi. Kedua, instrumen ini terbukti berkualitas tinggi\r\ndengan validitas konstruk yang terkonfirmasi melalui CFA, reliabilitas \r\nempiris 0.86, serta kualitas butir soal yang optimal berdasarkan analisis IRT 3-\r\nPL dan DIF. Ketiga, dihasilkan model BN yang terintegrasi dengan \r\nsistem CAT berbasis algoritma adaptif entropy, mampu memprediksi kesulitan \r\nbelajar siswa pada materi bilangan bulat secara efisien dan personal. Keempat, \r\nInstrumen diagnostik yang terintegrasi dalam bayesian network pada CAT \r\nmenunjukkan performansi yang sangat baik, ditandai dengan akurasi tinggi (0,985), \r\nefisiensi dalam pengurangan ketidakpastian (entropy), dan kemampuan adaptif \r\nyang optimal dalam memilih item tes, serta didukung oleh validasi model dan \r\nsoftware berbasis Streamlit yang menghasilkan informasi diagnosis untuk siswa."^^ . "2025-06-16" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Wahyu"^^ . "Hartono"^^ . "Wahyu Hartono"^^ . . "Samsul"^^ . "Hadi"^^ . "Samsul Hadi"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Diagnostik Kesulitan Belajar \r\nMatematika Berbasis Bayesian untuk Computerized Adaptive Testing. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88213 \n\nPengembangan Model Diagnostik Kesulitan Belajar \nMatematika Berbasis Bayesian untuk Computerized Adaptive Testing.\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . .