relation: http://eprints.uny.ac.id/87945/ title: Pengaruh Social Media Literacy, Learning Intelligence, Work Appreciation dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa XII SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Magelang. creator: Prihantono, Muhamad Rifqi creator: Sudira, Putu subject: Pendidikan Kejuruan subject: Teknik Otomotif description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) social media literacy terhadap kesiapan kerja; (2) learning intelligence terhadap kesiapan kerja; (3) work appreciation terhadap kesiapan kerja; (4) pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja; dan (5) social media literacy, learning intelligence, work appreciation dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa XII SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah 939 siswa kelas XII SMK Program Keahlian Teknik Otomotif dari tujuh sekolah yang memiliki kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Sampel sejumlah 273 siswa ditetapkan dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang telah divalidasi dengan expert judgement dan validitas konstruk dengan korelasi product moment serta telah dilakukan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi ganda dengan uji-T dan uji-F dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan: (1) social media literacy terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi social media literacy terhadap kesiapan kerja sebesar 22,40%; (2) learning intelligence terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi learning intelligence terhadap kesiapan kerja sebesar 19,80%; (3) work appreciation terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi work appreciation terhadap kesiapan kerja sebesar 12%; (4) pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja dengan kontribusi pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja sebesar 6,90%; (5) social media literacy, learning intelligence, work appreciation dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa XII SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Magelang dengan sumbangan efektif atau kontribusi terhadap kesiapan kerja sebesar 61,10%. Adapun sisanya sebesar 38,90% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. date: 2025-07-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/87945/1/tesis_muhamad%20rifqi%20prihantono_23070140005.pdf identifier: Prihantono, Muhamad Rifqi and Sudira, Putu (2025) Pengaruh Social Media Literacy, Learning Intelligence, Work Appreciation dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa XII SMK Program Keahlian Teknik Otomotif di Kabupaten Magelang. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.