%X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimana implementasi program sekolah sehat di sekolah dasar Negeri Kapanewon Berbah. Penelitian ini menggunakan menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pertanyaan atau angket yang menggunakan teknik pengambilan data wawancara kepada responden. Populasi dari penelitian ini adalah SD Negeri Kapanewon Berbah yang meliputi Kepala Sekolah, Guru PJOK, Tenaga Kependidikan, dan Peserta didik dari SD Negeri Kapanewon Berbah. Teknik analisis data dengan melibatkan observasi dan wawancara langsung kepada pelaksana program sekolah sehat yang diimplementasikan oleh Kepala Sekolah, Guru PJOK, Tenaga Kependidikan, dan peserta didik. Dari hasil observasi dan wawancara langsung kepada responden mendapatkan hasil bahwa Implementasi program sekolah sehat di Sekolah Dasar Kapanewon Berbah berjalan baik dan teratur, didukung oleh sinergi berbagai pihak. Keberhasilan program ini tercapai melalui integrasi program 5S (kesehatan fisik, gizi, jiwa, imunisasi, dan lingkungan), kegiatan seperti olahraga bersama, penyediaan makanan sehat, serta program kebersihan lingkungan. Kolaborasi dengan orang tua dan institusi kesehatan, serta evaluasi rutin, didukung dengan ketersediaan fasilitas pendukung program sekolah sehat di SD Kapanewon Berbah tersedia dengan baik dan layak digunakan, meliputi toilet bersih, tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, ruang UKS standar, serta tempat sampah yang memadai. Program ini didukung oleh edukasi kesehatan rutin, seperti sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada peserta didik. %L UNY87869 %O Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes. %T Implementasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Kapanewon Berbah Kabupaten Sleman %K implementasi, pendidikan jasmani, program sekolah sehat %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %A Kevin Ajie Nugraha %D 2025