%0 Thesis %9 S1 %A Sumekar, Sumekar %A Nur Sita Utami, M.Or., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2025 %F UNY:87841 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K gangguan media sosial, peserta didik Kelas V SD Negeri se-Kapanewon Seyegan %T Survey Gangguan Media Sosial Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kapanewon Seyegan %U http://eprints.uny.ac.id/87841/ %X Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai gangguan media sosial pada peserta didik kelas V SD Negeri se-Kapanewon Seyegan. Penelitian juga mengidentifikasi faktor gangguan media sosial tersebut. Serta mengidentifikasi akibat dari gangguan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri seKapanewon Seyegan yang berjumlah 110 peserta didik yang diambil 5 SD Negeri untuk mewakili setiap kalurahan. Teknik dalam pengambilan data menggunakan random sampling Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Social Media Disorder Scale-5 (SMD Scale-5). Hasil penelitian ini adalah gangguan media sosial pada peserta didik kelas V SD Negeri se-Kapanewon Seyegan. Berdasarkan hasil, menunjukkan kedudukan paling banyak pada kategori sedang dengan presentase 38% dengan jumlah 42 peserta didik. Sedangkan nilai paling tinggi masih menduduki diatas paling rendah dengan selisih 3 nilai. %Z Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.