@phdthesis{UNY8774, author = {Nurvitasari Sapti }, school = {UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA}, year = {2012}, title = {PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA KELAS VII A SMP N 3 PAKEM DALAM MATA PELAJARAN IPS}, month = {August}, keywords = {Teams Game Tournament, Partisipasi Akif Siswa.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/8774/}, abstract = {Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya partisipasi aktif siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP N 3 Pakem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar metode Teams Games Tournament dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VII A SMP N 3 Pakem. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun subjek penelitian yang dipilih untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 3 Pakem. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, anecdotal record, dokumentasi, foto dan video. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi: lembar observasi, anecdotal record, hasil dokumentasi dan hasil foto, video. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui validitas katalitik. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A SMP N 3 Pakem. Rata-rata indikator partisipasi aktif siswa telah mengalami peningkatan dan berhasil mencapai kriteria yang ditentukan, yaitu 75\%. Pada siklus I mencapai 64,3\% sedangkan pada siklus II berhasil mencapai indikator keberhasilan, yaitu 81,1\%. Adapun indikator tersebut antara lain siswa terlibat dalam pemecahan masalah saat diskusi, bertanya kepada siswa lain atau guru mengenai hal yang tidak dimengerti, siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru, mengerjakan tugas dengan benar, dan datang tepat waktu. Kata kunci : Teams Game Tournament, Partisipasi Akif Siswa.} }