%X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses layanan administrasi akademik pada Departemen Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar FIKK UNY dengan membandingkan antara kinerja program dan kualitas layanan yang diterima atau dirasakan mahasiswa dengan harapan mahasiswa terhadap kepentingan kinerja dan kualitas layanan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Departemen Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta yang masih aktif melaksanakan pengisian KRS dan hanya ditujukan untuk mahasiswa angkatan tahun 2022 sampai tahun 2024. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Accidental sampling atau conveniece sampling yang termasuk teknik non-probability sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala yang berbentuk kuesioner yang disusun berdasarkan atribut-atribut yang didapatkan dari atribut lima dimensi dari kualitas layanan menurut Parasuraman, kuesioner ini terdiri dari data umum pernyataan mengenai kinerja dan kepentingan mahasiswa terhadap kualitas layanan pendidikan pada Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta, dari ekspektasi ingin diketahui atribut-atribut yang dianggap penting dan tidak penting untuk menilai kinerja layanan administrasi akademik menurut mahasiswa sebagai pengguna jasa. Analisis yang dilakukan adalah gap analysis, tingkat kesesuaian dari importance dan performance, uji beda serta dilakukan pemetaan prioritas dengan IPA. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap kualitas layanan administrasi akademik di Departemen Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar FIKK UNY, dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan dalam lima dimensi SERVQUAL (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan unsur fisik) sudah memenuhi atau bahkan melebihi nilai cut-off point yang ditetapkan. Analisis gap menunjukkan adanya kesenjangan negatif dalam kualitas layanan, dengan nilai gap tertinggi terletak pada dimensi daya tanggap (-0,24), empati (-0,16), dan keandalan. Rata-rata nilai gap keseluruhan adalah -0,18, yang mengindikasikan bahwa layanan administrasi akademik belum sepenuhnya memenuhi harapan mahasiswa. Hasil Importance Performance Analysis terdapat atribut yang berada dalam kuadran prioritas untuk diperbaiki, antara lain fasilitas fisik yang mendukung layanan administrasi, kecepatan pelayanan, respons staf administrasi terhadap keluhan mahasiswa, dan kesiapan staf dalam membantu mahasiswa yang menghadapi kesulitan. %L UNY87723 %O Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. %T Analisis Kualitas Layanan Administrasi Akademik Berbasis Gap - Importance Performance Analysis pada Departemen PJSD FIKK UNY %K kualitas layanan administrasi akademik, Gap - Importance Performance Analysis. %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %A Sya’ban Nur Utomo %D 2025