<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING JENJANG TAMAN KANAK-KANAK INKLUSI\r\nDI KABUPATEN KUTAI TIMUR (Studi Kasus di TK YPPSB, TKN 2 Rantau Pulung, dan TKN 1 Sandaran)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Universal Design\r\nFor Learning Jenjang Taman Kanak-Kanak Inklusi di Kabupaten Kutai Timur\r\nkhususnya di TK YPPSB, TKN 2 Rantau Pulung, dan TKN 1 Sandaran,\r\nmengingat pelaksanaan UDL masih perlu diterapkan sebagai upaya untuk\r\nmendukung peningkatan pendidikan inklusif di jenjang TK. Perlunya diterapkan\r\nkarena masih banyak problema yang dihadapi pendidikan di Kabupaten Kutai\r\nTimur seperti: Minimnya sumber daya pendukung penerapan Universal Design\r\nfor Learning (UDL) di TK, menyebabkan keterbatasan dalam penyediaan fasilitas\r\nserta Ketiadaan evaluasi terstandar untuk implementasi Universal Design for\r\nLearning (UDL), sehingga efektivitas penerapan UDL dalam mendukung\r\npembelajaran inklusif sulit diukur dan diperbaiki secara sistematis.\r\nMetode penelitian adalah kualitatif deskriptif, sumber data yang digunakan\r\nyaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, narasumber penelitian terdiri dari\r\nkepala sekolah TK YPPSB, TKN 2 Rantau Pulung, dan TKN 1 Sandaran serta\r\nmading-masing guru dari TK YPPSB, TKN 2 Rantau Pulung, dan TKN 1\r\nSandaran. Fokus penelitian yang digunakan dalam mendukung implementasi\r\nkebijakan yaitu: komunikasi, sumber daya, sikap atau disposisi pelaksana serta\r\nstruktur berokrasi. Teknik analisis yang digunakan adalah model interaktif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Universal Design for\r\nLearning Jenjang Taman Kanak-Kanak Inklusi di Kabupaten Kutai Timur dilihat\r\ndari aspek komunikasi setiap sekolah sudah menerapkannya dengan baik, selain\r\nmetode yang berbeda juga melibatkan pihak eksternal seperti orang tua dan\r\nmasyarakat dalam mendukung pelaksanaan UDL. Aspek sumber daya belum\r\nmaksimal mengingat dalam pelaksanaanya belum memadai, masih banyak sumber\r\ndaya yang belum mendukung, baik itu sapras, SDM maupun sumer daya\r\nanggaran. Mengenai aspek disposisi semuanya sudah berjalan, pelaksana UDL\r\ndalam pendidikan inklusi terutama dinas pendidikan memberikan dukungan\r\ndengan menerapkan kebijakan, memotivasi pendidik dan sebagainya. Adapun\r\naspek struktur birokrasi dimana peran birokrasi dalam memberikan dukungan\r\npendidikan inklusi belum kamsimal. Mengenai faktor yang mendukung\r\nimplementasi UDL meliputi: 1) adanya keberagaman karakteristik peserta didik;\r\n2) kesiapan guru untuk melakukan inovasi serta; 3) dukungan dari kepala sekolah;\r\ndan 4) UDL bersifat fleksibel. Adapun faktor penghambatnya yaitu: 1) kurangnya\r\npemahaman guru mengenai UDL; 2) fasilitas pembelajaran yang belum memadai;\r\ndan 3) guru belum memiliki keahlian mumpuni dalam menerapkan Universal\r\nDesign For Learning (UDL) pada peserta didik."^^ . "2025-08-29" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Ali"^^ . "Saikhu"^^ . "Ali Saikhu"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "IMPLEMENTASI UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING JENJANG TAMAN KANAK-KANAK INKLUSI\r\nDI KABUPATEN KUTAI TIMUR (Studi Kasus di TK YPPSB, TKN 2 Rantau Pulung, dan TKN 1 Sandaran) (Text)"^^ . . "HTML Summary of #87706 \n\nIMPLEMENTASI UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING JENJANG TAMAN KANAK-KANAK INKLUSI \nDI KABUPATEN KUTAI TIMUR (Studi Kasus di TK YPPSB, TKN 2 Rantau Pulung, dan TKN 1 Sandaran)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .