eprintid: 87628 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/76/28 datestamp: 2025-08-20 07:33:55 lastmod: 2025-08-20 07:33:55 status_changed: 2025-08-20 07:33:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mukti, Ajeng Widia corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: pend_luar_biasa divisions: fip_plb full_text_status: restricted keywords: Membaca Pemahaman, Slow learner,, SQ3R. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar serta hasil kemampuan membaca pemahaman melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada peserta didik slow learner kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini perlu dilakukan karena metode pembelajaran yang digunakan guru belum dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik sesuai dengan tuntutan kurikulum sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian terdiri dari 2 peserta didik slow learner kelas IV di salah satu sekolah inklusi Kota Yogyakarta yang memiliki hambatan membaca pemahaman. Proses penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data diolah dengan teknik analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Penyajian data dilakukan menggunakan tabel dan diagram. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai peserta didik pada tes pra tindakan dan tes pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recife, Review) dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan nilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik slow learner kelas IV sekolah dasar. Nilai rata-rata tes pra tindakan peserta didik yaitu 39. Kemudian, nilai rata-rata peserta didik di masing-masing siklus yaitu siklus pertama 59 , siklus kedua 56 dan siklus ketiga 88. Secara keseluruhan, peningkatan dari nilai rata-rata awal 39 ke nilai rata-rata akhir 88 menunjukkan adanya peningkatan sebesar 49 poin atau sekitar 125%. Tahapan-tahapan dalam metode SQ3R membantu peserta didik dalam memroses informasi sehingga terjadi peningkatan nilai sesuai dengan target pada siklus 3. date: 2025-08-20 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Luar Biasa thesis_type: skripsi citation: Mukti, Ajeng Widia (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA PESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/87628/1/TAS_Ajeng%20Widia%20Mukti_21103241010_Final%20%281%29.pdf