<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI\r\nMETODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA\r\nPESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar serta hasil\r\nkemampuan membaca pemahaman melalui metode SQ3R (Survey, Question, Read,\r\nRecite, Review) pada peserta didik slow learner kelas IV sekolah dasar. Penelitian\r\nini perlu dilakukan karena metode pembelajaran yang digunakan guru belum dapat\r\nmeningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik sesuai dengan\r\ntuntutan kurikulum sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti\r\npembelajaran.\r\nJenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model\r\nKemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian terdiri dari 2 peserta didik slow learner\r\nkelas IV di salah satu sekolah inklusi Kota Yogyakarta yang memiliki hambatan\r\nmembaca pemahaman. Proses penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik\r\npengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data diolah dengan\r\nteknik analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Penyajian data dilakukan\r\nmenggunakan tabel dan diagram. Pengujian hipotesis dilakukan dengan\r\nmembandingkan nilai peserta didik pada tes pra tindakan dan tes pasca tindakan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R (Survey,\r\nQuestion, Read, Recife, Review) dalam pembelajaran membaca dapat\r\nmeningkatkan nilai kemampuan membaca pemahaman peserta didik slow learner\r\nkelas IV sekolah dasar. Nilai rata-rata tes pra tindakan peserta didik yaitu 39.\r\nKemudian, nilai rata-rata peserta didik di masing-masing siklus yaitu siklus pertama\r\n59 , siklus kedua 56 dan siklus ketiga 88. Secara keseluruhan, peningkatan dari nilai\r\nrata-rata awal 39 ke nilai rata-rata akhir 88 menunjukkan adanya peningkatan\r\nsebesar 49 poin atau sekitar 125%. Tahapan-tahapan dalam metode SQ3R\r\nmembantu peserta didik dalam memroses informasi sehingga terjadi peningkatan\r\nnilai sesuai dengan target pada siklus 3."^^ . "2025-08-20" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Ajeng Widia"^^ . "Mukti"^^ . "Ajeng Widia Mukti"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI\r\nMETODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA\r\nPESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR (Text)"^^ . . "HTML Summary of #87628 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI \nMETODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) PADA \nPESERTA DIDIK SLOW LEARNER KELAS IV SEKOLAH DASAR\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .