eprintid: 87563 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/75/63 datestamp: 2025-08-07 01:18:43 lastmod: 2025-08-07 01:18:43 status_changed: 2025-08-07 01:18:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SUMARTIN, SANTY corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK DENGAN RISIKO HAMBATAN BELAJAR DI KELOMPOK B ispublished: pub subjects: pend_luar_biasa divisions: fip_plb full_text_status: restricted keywords: kemampuan mengenal bilangan, media konkret, Project Based Learning, PAUD, anak dengan risiko hambatan belajar abstract: Penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak-anak kelompok B yang memiliki risiko hambatan belajar melalui penerapan media benda konkret berbasis pendekatan Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan adalah Penelit ian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam t iga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelit ian ini adalah anak-anak kelompok B yang ber inisial Y di TK Negeri Pembina yang berlokasi di Jl. Apt. Pranoto, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, yang menunjukkan keterlambatan dalam memahami konsep bilangan. Pendekatan PJBL diimplementasikan melalui proyek "pasar mini", di mana anak-anak berpartisipasi aktif dalam simulasi jual beli dengan memanfaatkan benda konkret seperti uang mainan, buah-buahan t iruan, serta label angka. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes performa anak, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuant itatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bilangan di setiap siklus. Sebelum t indakan, capaian indikator hanya sebesar 25% (kategori sangat rendah). Persentase ini meningkat menjadi 58% pada siklus I (kategori cukup), 75% pada siklus II (kategori baik), dan mencapai 91% pada siklus III (kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa media benda konkret berbasis PJBL efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak-anak yang berisiko mengalami hambatan belajar. date: 2025-08-07 date_type: published pages: 182 institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Luar Biasa thesis_type: tesis citation: SUMARTIN, SANTY (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK DENGAN RISIKO HAMBATAN BELAJAR DI KELOMPOK B. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/87563/1/SANTY%20SUMARTIN_24011240201.pdf