eprintid: 87562 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/75/62 datestamp: 2025-08-07 01:08:11 lastmod: 2025-08-07 01:08:11 status_changed: 2025-08-07 01:08:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noorhayana, Noorhayana corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK LAMBAT BICARA SPEECH DELAY MELALUI METODE ABA (Applied Behavior Analysis) DI TK NEGERI 2 MUARA ANCALONG ispublished: pub subjects: pend_luar_biasa divisions: fip_plb full_text_status: restricted keywords: komunikasi verbal, keterlambatan bicara, metode ABA, anak usia dini, penelitian tindakan kelas abstract: Keterlambatan bicara atau speech delay merupakan salah satu gangguan perkembangan yang sering dijumpai pada anak usia dini dan dapat memengaruhi aspek kognitif, sosial, dan emosional anak. Di TK Negeri 2 Muara Ancalong, ditemukan tiga anak kelompok B yang mengalami hambatan bicara, ditandai dengan kesulitan menyebutkan nama benda, menjawab pertanyaan, dan menyampaikan keinginan secara verbal. Menghadapi kondisi ini, diperlukan intervensi pendidikan yang terstruktur, salah satunya adalah metode Applied Behavior Analysis (ABA), yang menekankan pada pembentukan perilaku positif melalui tahapan stimulus, respons, dan penguatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan materi bertema anggota tubuh, warna dan bentuk, serta buah dan huruf. Tindakan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan ABA yang melibatkan teknik prompting, modeling, reinforcement, dan visual media. Instrumen pengumpulan data mencakup observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode ABA dalam meningkatkan kemampuan komunikasi verbal anak dengan speech delay. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi verbal anak. Pada pra-siklus, dua anak (66,67%) berada dalam kategori rendah dan satu anak (33,33%) dalam kategori sedang. Setelah siklus I dan II, dua anak meningkat ke kategori sedang dan satu anak mencapai kategori tinggi pada siklus II dan III. Temuan ini menunjukkan bahwa metode ABA efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi verbal anak speech delay melalui pembelajaran yang terstruktur, interaktif, dan menyenangkan di lingkungan PAUD. date: 2025-08-07 date_type: published pages: 222 institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Pendidikan Luar Biasa thesis_type: tesis citation: Noorhayana, Noorhayana (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK LAMBAT BICARA SPEECH DELAY MELALUI METODE ABA (Applied Behavior Analysis) DI TK NEGERI 2 MUARA ANCALONG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/87562/1/NASKAH%20TESIS_NOORHAYANA_24011240190.pdf