%0 Thesis %9 S1 %A Eka Yulianti , Sitaningrum %A SUKANTI, M.Pd, %A DHYAH SETYORINI, M.Si., Ak., %A SUKIRNO, Ph. D, %B FAKULTAS EKONOMI %D 2012 %F UNY:8754 %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %T PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://eprints.uny.ac.id/8754/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2011/2012, (2) pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2011/2012, (3) pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2011/2012, (4) pengaruh Perhatian Orang Tua, Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersamasama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan sampel karena subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten yang berjumlah 108 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Uji coba instrumen penelitian dilakukan kepada 30 siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat digunakan analisis regresi ganda. Sebelum analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai rx1y (0,371), r2 x1y (0,137) dan thitung (4,111) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai rx1y (0,328), r2 x1y (0,107) dan thitung (3,571) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai rx1y (0,299), r2 x1y (0,089) dan thitung (3,228) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama Perhatian Orang Tua, Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai R(1,2,3) sebesar 0,589, R2 (1,2,3) sebesar 0,346 dan Fhitung (18,370) > Ftabel (2,700).