%0 Thesis %9 S1 %A Qurnianzah, Alvan %A Riky Dwihandaka, M.Or., %B Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar %D 2025 %F UNY:87520 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K aktivitas fisik, kompetensi motorik, peserta didik kelas V %T Hubungan Antara Aktivitas Fisik di Luar Kelas Dengan Kompetensi Motorik Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Karangasem Cawas Klaten Jawa Tengah %U http://eprints.uny.ac.id/87520/ %X Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara latihan fisik dengan kemampuan motorik peserta didik kelas V SD Negeri 3 Karangasem Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggunakan data kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 21 orang peserta didik dari kelas V SD Negeri 3 Karangasem dengan pemilihan sampel total sampling. Adapun metode pengumpulan data penelitian dengan eksperimen. Alat yang digunakan termasuk Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C), alat evaluasi fisik (C. Kowalski, 2004, pp. 6-7), dan Motor Ability Test. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson antara aktivitas fisik di luar kelas dan kompetensi motorik. Hasil penelitian tentang hubungan antara kegiatan fisik di luar kelas dengan kemampuan motorik peserta didik kelas V SD Negeri 3 Karangasem Cawas Klaten Jawa Tengah, menghasilkan nilai korelasi aktivitas fisik di luar kelas dengan kompetensi motorik sebesar 0,009. Nilai koefisien korelasi pearson yang diperoleh bernilai positif, serta menurut pengujian hubungan keduanya adalah signifikan, dan hubungannya ”cukup kuat”. %Z Dosen Pembimbing: Riky Dwihandaka, M.Or.