%0 Thesis %9 S3 %A Septiyanto, Ari %A Prof. Dr. Suharjana, M.Kes., %A Dr. Agus Sumhendartin Suryabrata, M.Pd., %B Ilmu Keolahragaan %D 2025 %F UNY:87509 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K pembelajaran bola voli, TGfU, motivasi, hasil belajar %T Pengembangan Pembelajaran Bola Voli Berbasis Teaching Games for Understanding (TGfU) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar %U http://eprints.uny.ac.id/87509/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan konstruksi pembelajaran bola voli berbasis TGfU untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. (2) Mengetahui tingkat kelayakan pembelajaran bola voli berbasis TGfU untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. (3) Mengetahui efektivitas pembelajaran bola voli berbasis TGfU untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian yaitu ahli berjumlah 8 validator, subjek uji coba skala kecil berjumlah 2 guru PJOK, subjek uji coba skala besar berjumlah 5 guru PJOK, dan subjek uji efektivitas berjumlah 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan rubrik. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil produk akhir yaitu pembelajaran bola voli berbasis TGfU untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Pembelajaran bola voli berbasis TGfU untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan valid dan reliabel, sehingga sangat efektif digunakan oleh guru PJOK untuk proses pembelajaran. (2) Pembelajaran bola voli berbasis TGfU untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 85,16%, ahli media sebesar 95,54%, uji coba skala kecil sebesar 95,65%, dan uji coba skala besar sebesar 90,87%. (3) Pembelajaran bola voli berbasis TGfU efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar, dengan p-value < 0,05. Model pembelajaran yang dikembangkan valid dan reliabel, sehingga sangat efektif digunakan oleh guru PJOK untuk proses pembelajaran. %Z Promotor: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. Kopromotor: Dr. Agus Sumhendartin Suryabrata, M.Pd.