TY - THES AV - public A1 - DWI , YULIANTO TI - PENGARUH CARA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI KELAS X PROGAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 PURWOREJO PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA KW - Cara Belajar KW - Motivasi Belajar KW - Prestasi ID - UNY8743 Y1 - 2012/10// UR - http://eprints.uny.ac.id/8743/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara cara belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian expost facto, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Progam Keahlian Administrasi Perkantoran sebanyak 64 orang. Pengumpulan data cara belajar dan motivasi belajar dilakukan dengan pengumpulan angket, teknik pengumpulan data berupa dokumentasi digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Uji coba instrumen dilakukan pada 36 siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 7 Yogyakarta. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach, kemudian dilanjutkan dengan Analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa: 1) Cara belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi, ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,769, SE 28,13% dan SR 39,18 %. 2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi , ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,812, SE 43,67% dan SR 60,82 %. 3) Terdapat pengaruh antara cara belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,847, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,718 dan Fhitung sebesar 77,659 (Fhitung sebesar 77,659 > Ftabel 5% sebesar 3,132). Nilai tersebut berarti 71,80% perubahan variabel Motivasi Berprestasi (Y) dapat diterangkan oleh Cara Belajar(X1) dan Motivasi Belajar (X2) sedangkan 28,20% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Cara Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi M1 - skripsi ER -