TY - THES TI - Analisis Profil Soft Skill Tenaga Kerja Sektor Food and Beverage Service di Industri Perhotelan Wilayah Kota Yogyakarta. A1 - Purnama, Elita Candra A1 - Komariah, Kokom KW - food and beverage service KW - industri perhotelan KW - soft skill KW - tenaga kerja PB - Sekolah Pascasarjana Y1 - 2025/07/10/ M1 - tesis AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/87412/ ID - UNY87412 N2 - Industri perhotelan merupakan sektor strategis dalam dunia pariwisata yang terus berkembang dan ditandai oleh karakteristik kerja yang dinamis dan multicultural. Kondisi ini menuntut ketersediaan tenaga kerja yang tidak hanya unggul dalam hard skill, tetapi juga memiliki soft skill yang kuat untuk menunjang kualitas pelayanan dan daya saing industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi soft skill dominan serta menganalisis profil penguasaan soft skill bagi tenaga kerja sektor food and beverage service di industri perhotelan wilayah Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 48 responden yang merupakan tenaga kerja sektor food and beverage service pada hotel bintang tiga dan empat di wilayah Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan 60 item pernyataan yang telah melalui uji validitas isi oleh dua dosen ahli dalam bidangnya dan uji validitas konstruk menggunakan analisis korelasi Pearson. Seluruh item pernyataan menunjukkan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,456), sehingga dinyatakan valid. Uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach?s Alpha sebesar 0,974 yang lebih besar dari 0,60 dengan kategori Tingkat realibilitas yang sangat baik. Teknik analisis data meliputi distribusi frekuensi, persentase, dan kategorisasi nilai rerata untuk masing- masing soft skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima soft skill dominan yang dimiliki oleh tenaga kerja sektor food and beverage service di industri perhotelan yaitu 1) keterampilan interpersonal, 2) manajemen diri, 3) etika dan profesionalisme, 4) kolaborasi dan pemecahan masalah, serta 5) inovasi dan inisiatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan, tingkat penguasaan soft skill tenaga kerja sektor food and beverage service di industri perhotelan wilayah Kota Yogyakarta berada pada kategori sangat baik, dengan persentase total sebesar 88,31%. Adapun tingkat penguasaan untuk masing-masing soft skill antara lain keterampilan interpersonal sebesar 88,15%, manajemen diri sebesar 87,78%, etika dan profesionalisme sebesar 89,10%, kolaborasi dan pemecahan masalah sebesar 89,33%, serta inovasi dan inisiatif sebesar 86,22%. Hasil temuan ini menegaskan bahwa soft skill keterampilan interpersonal, manajemen diri, etika dan profesionalisme, kolaborasi dan pemecahan masalah, serta inovasi dan inisiatif menjadi aspek strategis dalam membentuk tenaga kerja yang adaptif, unggul, profesional, dan berdaya saing. Temuan penelitian ini dari sisi teoritis dan praktis dapat menjadi rekomendasi penting bagi industri perhotelan dan pendidikan vokasional terkait penguatan soft skill melalui pelatihan berkelanjutan dan integrasi salam kurikulum pendidikan untuk mendukung kemajuan industri perhotelan secara berkelanjutan. ER -