TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh; (1) Literasi Digital terhadap minat berwirausaha, (2) Media Sosial terhadap minat berwirausaha, (3) Pembelajaran Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (4) Kecakapan Vokasional terhadap minat berwirausaha, (5) literasi digital, media sosial, pembelajaran kewirausahaan, dan kecakapan vokasional terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK program keahlian tata busana di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain ex-postfacto yang dilakukan di sekolah menengah kejuruan (SMK) Program Studi Tata Busana kelas XII di kabupaten Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan tata busana. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling yang kemudian menentukan kembali sampel dari tiap-tiap SMK dengan proportionate random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 161 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner google form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 11,277 dan variabel minat berwirausaha dipengaruhi oleh variabel literasi digital sebesar 44,4%; (2) Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 11.445 dan variabel minat berwirausaha dipengaruhi oleh variabel media sosial sebesar 45,2%; (3) Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan T statistik 5,934 dan variabel minat berwirausaha dipengaruhi oleh variabel pembelajaran kewirausahaan sebesar 18,1%;(4) Kecakapan vokasional tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa, dengan nilai signifikansi (p) 0,498 dan T statistik 0,679 dan variabel minat berwirausaha dipengaruhi oleh variabel kecakapan vokasional sebesar 0,3%; (5) Literasi digital, media sosial, pembelajaran kewirusahaan dan kecakapan vokasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, dengan nilai signifikansi (p) 0,000 dan F statistik 38,447 dan variabel minat berwirausaha dipengaruhi oleh variabel literasi digital, media sosial, pembelajaran kewirausahaan dan kecakapan vokasional sebesar 49,6%. ID - UNY87410 UR - http://eprints.uny.ac.id/87410/ M1 - tesis AV - restricted PB - Sekolah Pascasarjana Y1 - 2025/05/27/ KW - Literasi digital KW - media sosial KW - pembelajaran kewirausahaan KW - kecakapan vokasional KW - minat berwirausaha A1 - Siregar, Silvia A1 - Sofyan, Herminarto TI - Faktor-Faktor Determinan Minat Berwirausaha Siswa SMK Tata Busana di Kabupaten Sleman. ER -