%I Sekolah Pascasarjana %T Pengaruh Iklim Kelas, Budaya Sekolah, dan Literasi Informasi Green Skill terhadap Penerapan Green Skill pada Pembelajaran Praktik Tata Boga di SMK. %D 2025 %A Inten Nurani %A Kokom Komariah %X Siswa SMK memerlukan keterampilan green skill untuk mendukung industri yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK, (2) iklim kelas pembelajaran praktik tata boga di SMK, (3) budaya sekolah dalam mendukung penerapan green skill siswa, (4) literasi informasi green skill dalam mendukung pembelajaran praktik tata boga di SMK, (5) pengaruh iklim kelas terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK, (6) pengaruh budaya sekolah terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK, (7) pengaruh literasi informasi green skill terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK, dan (8) pengaruh simultan iklim kelas, budaya sekolah dan literasi informasi green skill terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian siswa SMK Negeri dan SMK Swasta yang ada di Kabupaten Sleman. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 170 siswa. Instrumen penelitian divalidasi melalui validasi ahli dan validasi konstruk < 0,3202 dan uji reliabilitas cronbach alpha ≥ 0,60. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Analisis melalui uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK baik dengan mean 247,5, (2) Iklim kelas pembelajaran praktik tata boga di SMK baik dengan mean 86,4, (3) Budaya sekolah dalam mendukung penerapan green skill siswa di SMK memiliki baik dengan mean 84,1, (4) Literasi informasi green skill dalam mendukung pembelajaran praktik tata boga di SMK baik dengan mean 86,2, (5) Iklim kelas tidak berpengaruh terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK, (6) Budaya sekolah berpengaruh negatif terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK, (7) Literasi informasi tidak berpengaruh terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK, (8) Iklim kelas, budaya sekolah dan literasi informasi green skill berpengaruh simultan terhadap penerapan green skill pada pembelajaran praktik tata boga di SMK. Penelitian yang akan datang diharapkan dapat mempertimbangkan faktor intervensi variabel lain dan pengamatan aksi nyata pada iklim kelas, budaya sekolah dan literasi siswa mengenai green skill. %K iklim kelas, budaya sekolah, literasi green skill, penerapan green skill %L UNY87380