eprintid: 87364 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/73/64 datestamp: 2025-07-15 08:10:55 lastmod: 2025-07-15 08:10:55 status_changed: 2025-07-15 08:10:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Galihrukmi, Iswardani creators_name: Hariyanto, V. Lilik title: Pengembangan Peta 3D Desa Wisata untuk Penguatan Daya Tarik Pariwisata Desa Wisata Segajih. ispublished: pub subjects: pasca_sarjana subjects: voc_th divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: Desa Wisata Segajih, peta 3D, promosi pariwisata abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan peta 3D untuk mendukung daya tarik pariwisata Desa Wisata Segajih bagi masyarakat luas, (2) mengungkap kelayakan peta 3D yang dikembangkan tersebut, dan (3) mengungkap peningkatan daya tarik pariwisata Desa Wisata Segajih melalui peta 3Dyang dikembangkan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode 4D (define, design, develop, dan disseminate) sebagai pendekatan riset dan pengembangan (R&D). Produk peta 3D Desa Wisata Segajih yang menampilkan aspek 4A (attractions, accessibility, amenities, ancillary) serta mempertimbangkan elemen pemodelan, simbolisasi, dan visualisasi Desa Wisata Segajih. Peta 3D ini diuji menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menilai pengalaman pengguna dan diintegrasikan ke dalam situs web resmi desa (www.segajih.com) untuk mempermudah aksesibilitas masyarakat luas. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Peta 3D Desa Wisata Segajih yang dikembangkan memberikan gambaran atraksi alam dan budaya desa, merepresentasikan potensi pengembangan wisata, amenitas, dan jalur aksesibilitas, serta terintegrasi dengan situs web resmi desa, sehingga mampu mendukung penguatan daya tarik pariwisata Desa Wisata Segajih bagi masyarakat luas. (2) Peta 3D ini berada pada kategori layak menurut ahli materi, dengan skor 75, dan kategori sangat layak menurut ahli media, dengan skor 83,75. (3) Peta 3D ini berada pada kategori sangat baik pada enam dimensi: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan, dengan dimensi daya tarik sebagai yang tertinggi. Dari aspek daya tarik, pragmatic quality, dan hedonic quality, dimensi daya tarik mencapai rata-rata skor tertinggi sebesar 86,883, yang masuk dalam kategori sangat baik menurut hasil User Experience Questionnaire. date: 2025-01-02 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: disertasi citation: Galihrukmi, Iswardani and Hariyanto, V. Lilik (2025) Pengembangan Peta 3D Desa Wisata untuk Penguatan Daya Tarik Pariwisata Desa Wisata Segajih. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/87364/1/tesis_iswardani%20galihrukmi_22702251037.pdf