%0 Thesis %9 S2 %A Nugroho, Ibnu Pandu Ajie %A Hariyanto, V. Lilik %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2024 %F UNY:87361 %I Sekolah Pascasarjana %K building information modeling, kesiapan pembelajaran %T Kesiapan Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) dalam Penerapan Pembelajaran Building Information Modeling (BIM) pada SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/87361/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) kesiapan penyelenggaraan pembelajaran building information modeling (BIM) di program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) sekolah menengah kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan (2) faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran BIM di program keahlian DPIB SMK di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru program keahlian DPIB, kepala sekolah, dan manajemen sekolah pada 12 SMK di DIY. Pengumpulan data menggunakan angket serta melalui observasi dan wawancara. Validasi instrumen didasarkan pada validasi isi yang dilakukan oleh satu ahli yang merupakan dosen pembelajaran vokasional. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan pembelajaran BIM pada program keahlian DPIB SMK di DIY berada dalam kondisi “sebagian besar siap”; (2) faktor internal dan eksternal yang menunjang pembelajaran BIM di SMK meliputi kesehatan siswa, kesehatan guru, intelegensi siswa, intelegensi guru, bakat keterampilan siswa dalam BIM, bakat keterampilan guru dalam BIM, minat siswa dalam BIM, minat guru dalam BIM, motivasi siswa, motiavasi guru, kondisi keluarga, kondisi sekolah, dan kondisi lingkungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat utama pelaksanaan pembelajaran BIM di program keahlian DPIB SMK DIY adalah keterbatasan sarana prasarana, keterbatasan kompetensi dan jumlah SDM guru, dukungan manajemen yang belum optimal, keterbatasan ekonomi siswa, dan akses terhadap bahan ajar yang kurang memadai.