%0 Thesis %9 S3 %A Maulana, Indra %A Supriyadi, Edy %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2025 %F UNY:87360 %I Sekolah Pascasarjana %K E-Learning, Virtual Laboratorium, Evaluai Berbasis, Machine Learning. %T Pengembangan E-Learning Dengan Virtual Laboratorium Dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Machine Learning Pada Mata Kuliah Algortima Dan Pemrograman. %U http://eprints.uny.ac.id/87360/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan, 2) mengevaluasi kelayakan dan 3) mengetahui efektivitas platform e-learning yang dilengkapi dengan Virtual Laboratorium dan evaluasi pembelajaran berbasis machine learning pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Peneliti bermaksud mengembangkan platform e-learning untuk pembelajaran jarak jauh yang memiliki kelebihan dibanding dengan platform yang telah ada, yaitu Virtual Laboratorium Pemrograman untuk penunjang praktikum pemrograman yang dapat dimonitor oleh pengajar. Di samping itu, terdapat evaluasi pembelajaran yang mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik berdasarkan logfile sistem pada platform e-learning tersebut. Penelitian Research and Development (R&D) ini menggunakan Agile dengan pendekatan Scrum. Scrum memiliki tapahan, 1) Produk backlog, 2) Sprint, 3) Sprint Review, 4) Sprint Retrospective. Subjek penelitian terdiri atas Ahli media, Ahli materi, dan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Institut Prima Bangsa Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, observasi, dan angket. Analisis kelayakan kualitas produk menggunakan standar ISO 9126. ISO 9126 meliputi indikator kualitas fungsional, kualitas reliabilitas, kualitas usability, kualitas efisiensi. Analisis keefektifan produk menggunakan model quasi eksperimen dengan pre-test dan post-stest. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, dihasilkan platform e-learning. Ke dua, berdasarkan pengujian aspek fungsionalitas (functionality), platform e-learning memenuhi standar kelayakan yang sangat baik, dengan hasil yang memuaskan pada aspek suitability, accuracy, interoperability, flexibility, dan compliance. Selain itu, tingkat usability juga menunjukkan skor yang sangat tinggi, dengan nilai System Usability Scale (SUS) mencapai 94,2%, menandakan bahwa platform mudah digunakan oleh mahasiswa dan dosen. Pengujian reliabilitas dan efisiensi menunjukkan performa sistem yang memadai dengan tingkat kegagalan yang rendah. Pengujian efficiency mendapatkan GTmetrix Grade ‘B’ dengan skor kinerja (Performance) sebesar 72% dan skor struktur(Structure) sebesar 95%. Ke tiga, platform e-learning yang dikembangkan dengan laboratorium virtual pemrograman terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pemrograman mahasiswa. Hasil uji statistik menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen yang menggunakan e-learning, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan platform e-learning tanpa virtual laboratorium pemrograman. Peningkatan nilai rata-rata pre-test ke post-test pada kelompok eksperimen menunjukkan dampak positif virtual laboratorium pemrograman dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan mahasiswa.