eprintid: 87357 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/73/57 datestamp: 2025-07-08 07:49:16 lastmod: 2025-07-08 07:49:16 status_changed: 2025-07-08 07:49:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rabiman, Rabiman creators_name: Surjono, Herman Dwi title: Pengembangan Simulator Kelistrikan Bodi Otomotif Untuk SMK Konsentrasi Keahlian TKR Dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri. ispublished: pub subjects: D3 subjects: t_otomotif divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: kelistrikan, kendaraan ringan, media pembelajaran, simulator abstract: Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan media pembelajaran berupa simulator kelistrikan bodi otomotif; 2) mengungkap unjuk kerja, kelayakan, kepuasan pengguna, dan efektifitas penggunaan simulator yang dihasilkan dalam pembelajaran dengan pendekatan inkuiri bagi siswa teknik kendaraan ringan. Penelitian ini merupakan research and development dengan Model ADDIE. Instrumen pengambilan data meliputi pedoman wawancara, angket, dan tes. Semua intrumen dinyatakan valid; validitas angket diperoleh melalui expert judment dan Aiken-V (0,86-1), sementara itu soal pre-tes dan pos-tes melalu uji R point biserial (≥0,3). Reliabilitas soal tes dihitung melalui KR-21 (0,71) dan reliabilitas angket dihitung dengan Alpha Cronbach (0,86). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Yogyakarta dan SMK Perindustrian tahun 2023/2024, masing-masing sebanyak 60 orang. Desain penelitian adalah quasi experiment dengan rancangan pretest- posttest control-group design. Analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Anova digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Simulator kelistrikan bodi otomotif yang dihasilkan telah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran sistem kelistrikan bodi otomotif di SMK. 2) Unjuk kerja simulator tersebut ditinjau dari uji fungsional, kompatibilitas, dan testimoni masuk kategori “sangat baik”. 3) Kelayakan simulator tersebut menurut ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori “sangat layak”. 4) Penggunaan simulator tersebut memberikan tingkat kepuasan dengan kategori “sangat tinggi”. 5) Penggunaan simulator tersebut di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan di kelas kontrol yang diajar menggunakan trainer kelistrikan bodi otomotif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa simulator kelistrikan bodi otomotif yang dihasilkan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran kelistrikan kendaraan ringan di SMK. date: 2025-03-06 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: disertasi citation: Rabiman, Rabiman and Surjono, Herman Dwi (2025) Pengembangan Simulator Kelistrikan Bodi Otomotif Untuk SMK Konsentrasi Keahlian TKR Dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/87357/1/disertasi_rabiman_19702261005.pdf