%0 Thesis %9 S2 %A Romli, Romli %A Prof. Dr. Sigit Nugrroho, M.Or., %B Ilmu Keolahragaan %D 2025 %F UNY:87330 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %K evaluasi pembelajaran, PJOK, kurikulum merdeka, model Kirkpatrick , SMA Negeri 4 Kotabumi %T Studi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kurikulum Merdeka Kelas Xi SMA Negeri 4 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara %U http://eprints.uny.ac.id/87330/ %X Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) memiliki peran penting dalam membentuk kompetensi fisik, mental, dan sosial peserta didik. Kurikulum Merdeka yang diterapkan di SMA Negeri 4 Kotabumi dirancang untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memberikan kebebasan lebih besar dalam metode pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK Kurikulum Merdeka di kelas XI menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Model ini mengukur efektivitas program pada empat level: Reaksi (Reaction), Pembelajaran (Learning), Perilaku (Behavior), dan Hasil (Result). Penelitian ini menggunakan metode evaluasi deskriptif kuantitatif dengan pendekatan triangulasi data. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup 274 siswa kelas XI, guru dan pimpinan sekolah. Analisis data dilakukan dengan menghitung distribusi frekuensi dan persentase pada setiap aspek evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada level Reaksi, 64,42% siswa menilai pembelajaran dalam kategori "Sangat Baik". Pada level Pembelajaran, 48,47% siswa menunjukkan peningkatan kompetensi yang signifikan. Level Perilaku mencatat perubahan positif pada sportivitas dan kerja sama siswa dengan 50,92% dalam kategori "Baik". Pada level Hasil, 52,15% siswa melaporkan prestasi akademik dan non-akademik yang meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran PJOK Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Kotabumi telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat kendala fasilitas yang perlu diperbaiki. Rekomendasi diberikan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur dan pelatihan guru dalam mengoptimalkan penerapan Kurikulum Merdeka. Dengan perbaikan ini, diharapkan pembelajaran PJOK dapat memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap pengembangan kompetensi peserta didik secara holistik. %Z Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Nugrroho, M.Or.