TY - THES PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA A1 - Sarman, Sarman Y1 - 2012/10/10/ N2 - Penelitian ini dilatar belakang oleh permasalahan banyaknya siswa kelas IV belum menguasai teknik dasar smash dengan benar dan beberapa siswa yang takut terhadap bola untuk melakukan smash. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatan meningkatkan pembelajaran smash bolavoli mini melalui pendekatan bermain pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Tanjunganom Kaliwiro Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 1 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan, dan tahapan dalam satu siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjunganom dengan jumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan yang dilakukan oleh kolabolator, hasil tes siswa yang dilakukan oleh kolabolator dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil pembelajaran smash pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjunganom Kaliwiro Wonosobo. Berdasarkan data hasil pengamatan guru, maka pelaksanaan pembelajaran smash dengan menggunakan pendekatan bermain berlangsung dengan baik pada tiap siklus. Hasil nilai rata-rata kelas dari data awal sebesar 56,4 (52,6% siswa yang tuntas) dan meningkat pada siklus 1 sebesar 81,9 (100% siswa yang tuntas), peningkatan yang terjadi diantara data awal dengan siklus 1 adalah sebesar 47,4%. Sedangkan hasil wawancara dengan siswa menyebutkan bahwa bagi siswa pembelajaran smash yang dilakukan guru sangat menyenangkan dan merupakan pembelajaran baru bagi siswa. Kata kunci: smash, bolavoli mini, pendekatan bermain. UR - http://eprints.uny.ac.id/8730/ AV - public KW - smash KW - bolavoli mini KW - pendekatan bermain. TI - PENINGKATAN PEMBELAJARAN SMASH BOLAVOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TANJUNGANOM KALIWIRO WONOSOBO ID - UNY8730 M1 - skripsi ER -