<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN GUNUNGKIDUL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan\r\nmelalui media kartu kata bergambar pada siswa kelas I SD Negeri Siraman 2. Hal ini\r\ndilatarbelakangi oleh peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang kurangsignifikan. Selain itu kurang antusiasnya siswa mengikuti pembelajaran Bahasa\r\nIndonesia untuk kegiatan membaca.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan\r\ndua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2 yang\r\nberjumlah 15 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart\r\nyaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data\r\nmenggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan\r\nanalisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini\r\nditunjukkan apabila siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 mencapai 75% dan kriteria\r\npersentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa minimal\r\nmendapatkan kategori sedang (65%-79%). \r\nHasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca\r\npermulaan pada siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2. Kemampuan membaca\r\npermulaan siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan media kartu\r\nkata bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan membaca\r\npermulaan menunjukkan peningkatan, dilihat dari persentase hasil pada pratindakan\r\n60%, siklus I 70%, dan siklus II 79%. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 juga\r\nmengalami peningkatan, pratindakan 4 siswa, siklus I 6 siswa, dan siklus II 12 siswa.\r\nKriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa juga\r\nsudah mencapai kategori sedang. Keberhasilan dalam penelitian ini sudah tercapai\r\nkarena siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 sudah mencapai 75% dan kriteria persentase\r\nrata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa sudah mencapai kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Siraman 2.\r\n\r\nKata kunci : membaca permulaan, kartu kata bergambar, sekolah dasar, siswa kelas 1 SD"^^ . "2025-06-18" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Chatarina Lidya"^^ . "Manafe"^^ . "Chatarina Lidya Manafe"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN GUNUNGKIDUL (Text)"^^ . . "HTML Summary of #87222 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN GUNUNGKIDUL\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . . . "Media Pendidikan" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .