TY - THES N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan proses pembelajaran lompat jauh melalui pendekatan bermain pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Treko Mungkid Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 1 siklus. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus dengan dua kali pertemuan. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Treko yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan guru, hasil evaluasi lompat jauh siswa, dan angket (tanggapan siswa terhadap pembelajaran). Analisis data menggunakan tehnik data lembar observasi, data hasil evaluasi siswa, data lembar angket. Data observasi dan angket disajikan secara deskriptif sedangkan analisis hasil evaluasi dihitung rataratanya dan dihitung persentase ketuntasannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% siswa telah lulus KKM, sehingga pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil dari proses pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Treko Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Berdasarkan data hasil tes pada akhir siklus menunjukkan rata-rata kelas yang menggunakan pendekatan bermain meningkat dibandingkan nilai sebelum menggunakan pendekatan bermain yaitu 67,6 (57% siswa yang tuntas) meningkat menjadi 79,76 (100% tuntas), nilai tersebut sudah melebihi KKM yang ditentukan dan memenuhi target yang diinginkan, selain itu hasil jawaban angket, siswa merasa senang dengan proses pembelajaran yang diberikan guru. . Kata kunci: Peningkatan lompat jauh, pendekatan bermain. UR - http://eprints.uny.ac.id/8719/ A1 - Purjono, Purjono AV - public M1 - skripsi TI - UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TREKO MUNGKID MAGELANG KW - Peningkatan lompat jauh KW - pendekatan bermain. PB - UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ID - UNY8719 Y1 - 2012/10/09/ ER -