@phdthesis{UNY87166, school = {Sekolah Pascasarjana}, author = {Isnan Iga Taufan and Agus Santoso}, title = {Pengembangan Skema Uji Sertifikasi Kompetensi Berdasarkan Hasil Evaluasi Model Context, Input, Process, Product pada Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan di SMK N 1 Sedayu.}, month = {December}, year = {2024}, keywords = {evaluasi, pengembangan skema, uji sertifikasi kompetensi}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) capaian pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi di kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sedayu ditinjau dari aspek context, input, process, product; dan (2) hasil pengembangan pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi berupa buku pedoman skema pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi pada kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan di SMK N 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode research and development dan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop dan disseminate) dari Thiagarajan berdasarkan hasil penelitian evaluasi model CIPP (context, input, process, product). Pengumpulan data evaluasi menggunakan angket, wawancara dan melalui dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan penilaian angket validitas instrumen oleh para ahli. Analisis data menggunakan pendekatan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa capaian pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi pada kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 1 Sedayu dari aspek context, input, process, dan product secara berturut- turut adalah 79,20\%, 77,19\%, 77,78\%, dan 72,85\%, yang masuk ke dalam kriteria memadai. Hasil ini digunakan untuk penyempurnaan pelaksanaan uji sertifikasi yang diwujudkan dalam pedoman skema pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi pada kompetensi keahlian DPIB di SMK N 1 Sedayu dan oleh para ahli produknya telah dinyatakan layak untuk digunakan.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/87166/} }