@phdthesis{UNY87047, title = {Model Evaluasi Pembelajaran Akuntansi Berbasis Proyek Terintegrasi Dunia Usaha/Dunia Industri di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta}, school = {Sekolah Pascasarjana}, year = {2025}, author = {Yolandaru Septiana and Edi Istiyono}, month = {May}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan desain model evaluasi yang relevan, (2) menghasilkan model evaluasi yang berkualitas, (3) mengetahui hasil evaluasi, dan (4) mengetahui efektivitas penggunaan model evaluasi pembelajaran akuntansi berbasis proyek terintegrasi dunia usaha/dunia industri pada SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dan pengembangan ini terdiri atas sepuluh tahapan meliputi: research \& collection preliminary, research planning, early product development, expert validation, product revision, early test, product revision, field test, final product revision, dan dissemination. Subjek penelitian seluruh tahapan terdiri atas 3 pakar/dosen, 77 guru, 8 praktisi atau pihak DU/DI, dan 631 peserta didik. Tempat uji coba awal dilakukan di SMK Putra Tama, SMKN 7 Yogyakarta, SMKN 1 Pengasih, dan SMKN 1 Godean. Uji coba lapangan dilakukan pada empat sekolah meliputi: SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel, SMKN 1 Wonosari, SMKN 1 Nglipar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan checklist dokumentasi. Kualitas produk pengembangan berdasarkan indeks validitas dan estimasi reliabilitas. Validitas isi menggunakan formula Aiken?s dan validitas konstruk menggunakan first order Confirmatory Factor Analysis (CFA) bantuan program R. Estimasi reliabitas menggunakan rho komposit. Penelitian ini menghasilkan: 1) desain model Evaluasi Pembelajaran Akuntansi Berbasi Proyek Terintegrasi DU/DI (I-EPAPRO) yang relevan dengan pembelajaran akuntansi berbasis proyek. Model I-EPAPRO digunakan guru atau evaluator sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi berbasis proyek. Konstruk model terdiri atas: pedoman, panduan, dan instrumen evaluasi. Instrumen evaluasi untuk peserta didik terdiri atas 13 butir, untuk guru terdiri atas 25 butir, dan untuk pihak DU/DI terdiri atas 8 butir. 2) kualitas model I-EPAPRO dalam kategori baik. Validitas isi dari pedoman, panduan, dan instrumen evaluasi dalam kategori valid. Hasil Confirmatory Factor Analysis diperoleh loading factor 3 0,4; pada dimensi proses dan hasil pembelajaran nilai Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) = 0,07 dan 0,0; nilai Standardized Root Mean Square Residual (SRMR) = 0,05 dan 0,02; nilai Tucker-Lewis Index (TLI) = 0,95 dan 1,0; nilai Comparative Fit Index (CFI) = 0,93 dan 1,0. Hasil tersebut menunjukkan model evaluasi sudah fit/layak. Estimasi reliabilitas komposit dimensi proses dan hasil pembelajaran adalah 0,82 dan 0,75 maka {\ensuremath{>}} 0,7; sedangkan nilai loading factor seluruh butir 3 0,4. Hasil tersebut menunjukkan produk penelitian sudah fit, valid dan reliabel, artinya model berkualitas baik. 3) Hasil uji coba instrumen evaluasi I-EPAPRO menunjukkan bahwa model I-EPAPRO dapat mengungkap data dengan mudah dan terukur. 4) Model I-EPAPRO efektif digunakan sebagai salah satu alternatif alat evaluasi pembelajaran akuntansi berbasis proyek terintegrasi DU/DI.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/87047/}, keywords = {akuntansi, proyek, model, evaluasi, pembelajaran} }