%0 Thesis %9 S3 %A Ikhsan, Hery Kurniawan Akhmad %A Istiyono, Edi %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2025 %F UNY:87044 %I Sekolah Pascasarjana %K Bahasa Inggris, karakter, pengembangan instrumen, penilaian %T Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas. %U http://eprints.uny.ac.id/87044/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian karakter dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA dengan konstruk yang baik; (2) menguji kualitas instrumen penilaian karakter dalam mata pelajaran bahasa Inggris di SMA; dan (3) mengukur profil karakter peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) menggunakan model penelitian pengembangan dari Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel untuk skala terbatas 520 dan skala luas 695 siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Instrumen dianalisis dengan uji validitas isi ( V-Aiken) dan uji validitas konstruk (Confirmatory Factor Analysis). Hasil penelitian ini adalah: (1) konstruk karakter terdiri atas empat aspek yakni kreatif, mandiri, ingin tahu, dan komunikatif. Instrumen terdiri atas 50 butir pernyataan self-assessment dengan menggunakan Graded Response Model sebagai pilihan jawaban. (2) uji kualitas instrumen dengan analisis validitas isi oleh lima orang expert, dengan V-Aiken total sebesar 0,985. Hasil analisis CFA menunjukkan nilai loading factor pada tiap-tiap butir > 0,4 dan model pengukuran karakter siswa yang disusun fit dengan model yang diteorikan dengan pembuktian hasil nilai p-values = 0,372; CFI = 0,998; TLI = 0,998; RMSEA = 0,010; SRMR = 0,026 dengan hasil reliabilitas butir-butir dalam tiap dimensi/faktor > 0,7. (3) Hasil pengukuran profil karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris menunjukkan bahwa profil karakter peserta didik sebanyak 65,61% berkembang, 24,32% mulai berkembang, 9,64% memerlukan bimbingan, serta 0,43% membudaya