@phdthesis{UNY87033, month = {October}, author = {Ridho Saputro and Gunadi Gunadi}, school = {Sekolah Pascasarjana}, year = {2024}, title = {Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.}, keywords = {DTB, kemampuan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran berbasis masalah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan (2) mengungkap kelayakan dan keefektifan media pembelajaran yang dihasilkan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, and evaluate). Tahap analyze terkait dengan analisis kebutuhan, analisis murid, analisis kurikulumdan penyusunan peta konsep; tahap design berkaitan dengan pemilihan perangkat pembelajaran, desain media kelistrikan bodi yang dilengkapi dengan Diagnostic Trouble Box (DTB) serta penyusunan instrumen; tahap develop berkaitan dengan revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator ahli media, ahli materi dan pengguna selanjutnya dilakukan uji coba terbatas aspek keterbacaan; tahap implement berkaitan dengan penerapan pembelajaran menggunakan media; dan (5) tahap evaluate terkait dengan evaluasi pembelajaran secara keseluruhan. Subjek penelitian ini adalah 64 murid kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Yogyakarta (32 murid sebagai kelas eksperimen dan 32 murid kelas kontrol). Instrumen pembelajaran berupa modul ajar, LKPD, bahan ajar, dan buku petunjuk penggunaan media. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar kelayakan media, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Uji coba lapangan dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Keefektifan produk dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran menggunakan media kelistrikan bodi yang dilengkapi dengan DTB dan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada murid. (2) Pembelajaran mengunakan media pembelajaran DTB disebut layak menurut validator ahli media dan ahli materi, dengan kategori ?sangat layak?; dan mendapatkan respon positif berdasarkan aspek keterbacaannya oleh peserta didik dengan kategori ?sangat baik?. (3) Pembelajaran dengan media DTB yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan kategori ?tinggi?.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/87033/} }