eprintid: 87025 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/70/25 datestamp: 2025-05-28 07:49:41 lastmod: 2025-05-28 07:49:41 status_changed: 2025-05-28 07:49:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahayu, Tree creators_name: Budiastuti, Emy title: Pengembangan Media Pembelajaran Anatomi dan Fisiologi Rambut Berbasis Augmented Reality untuk Siswa Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri Yogyakarta. ispublished: pub subjects: D3 subjects: teknik_boga_busana divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: anatomi, augmented reality, fisiologi rarmbut, media pembelajaran abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui karakteristik media pembelajaran materi anatomi dan fisiologi rambut berbasis augmented reality. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran materi anatomi dan fisiologi rambut berbasis augmented reality menurut ahli media dan ahli materi. (3) Mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah media pembelajaran augmented reality diterapkan. (4) Mengetahui skor pretest dan posttest siswa melalui N-Gain (5) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran materi anatomi dan fisiologi rambut berbasis augmented reality. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X Tata Kecantikan di SMK Negeri 4 dan 31 siswa SMK Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025. Teknik sampling yang gunakan adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Media pembelajaran AR memiliki karakteristik yaitu: interaktivitas tinggi, real time, multimedia, fleksibel, interaktif, dan menarik (2) Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan skor 97% dengan kategori “sangat layak”. Ahli media 1 dengan skor 89,52% dan ahli media 2 mendapatkan skor 100% dengan kategori “sangat layak”. (3) Skor uji coba pretest SMK Negeri 4 sebesar 66,82 dan posttest sebesar 80,9. Sedangkan SMK Negeri 6 memperoleh score pretest sebesar 70,26 dan posttest sebesar 90,26. (4) Hasil analisis N-Gain dari skor pretest dan posttest siswa SMK Negeri 4 mendapatkan score sebesar 0,42 dengan kategori “Sedang”. Sedangkan SMK Negeri 6 skor N-Gain sebesar 0,68 dengan kategori “Sedang”. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil analisis nilai pretest dan posttest siswa dengan kategori “Sedang”. (5) Hasil respon siswa SMK Negeri 4 terhadap media pembelajaran AR diperoleh skor 79,07% dengan kategori respon “Positif”. Sedangkan hasil respon siswa SMK Negeri 6 terhadap media pembelajaran AR diperoleh skor 83,26% dengan kategori respon “Positif”. date: 2024-10-28 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: tesis citation: Rahayu, Tree and Budiastuti, Emy (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Anatomi dan Fisiologi Rambut Berbasis Augmented Reality untuk Siswa Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/87025/1/tesis_tree%20rahayu_22702251031.pdf