TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran teknik sipil dengan nama Virtual Reality For Structure Volume Estimation (VR-SVE) berdasarkan analisis kebutuhan awal terkait peta kebutuhan cognitive competence di era Revolusi Industri 4.0, mengetahui kelayakan materi dan media serta tingkat keberterimaan pengguna terhadap media yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan model pengembangan Waterfall yang memiliki langkah-langkah penelitian yaitu (1) Requirement, (2) Design, (3) Implementation, (4) Verification, dan (5) Maintenance. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen observasi dan angket untuk uji kelayakan materi, media, dan keberterimaan VR-SVE oleh pengguna. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta pada Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Subjek penelitian adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dan 40 orang mahasiswa. Penerapan media dilakukan melalui alpha testing (ahli materi dan media) dan beta testing (pengguna). Data hasil penilaian ahli materi dan media dianalisis secara deskriptif sedangkan data observasi dan tingkat keberterimaan menggunakan analisis Fuzzy Delphi Method (FDM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peta cognitive competence mengungkap tiga cognitive competence yaitu geometri, spasial ruang, dan numerik yang dibutuhkan oleh mahasiswa teknik sipil untuk perhitungan rencana anggaran biaya, (2) media dirancang dalam bentuk model bangunan dua lantai yang dilengkapi dengan detail struktur, penulangan, dan sambungan, serta komponen perhitungan volume yang diimplementasikan dalam aplikasi VR berdasarkan peta cognitive competence yang telah diidentifikasi, dan (3) pada alpha testing media VR-SVE mendapatkan hasil pengujian ahli materi kategori ?Layak? dan ahli media dengan kategori ?Sangat Layak?. Sedangkan beta testing mendapatkan skor 81,4%- 100% dari skor minimal 75% menandakan bahwa media ?Diterima? oleh pengguna. TI - Analisis Peta Cognitive Competence Revolusi Industri 4.0 untuk Pengembangan Media Virtual Reality Structure Volume Estimation (VR-SVE). AV - restricted M1 - tesis A1 - Dinata, Candra A1 - Triyono, Moch Bruri PB - Sekolah Pascasarjana KW - media pembelajaran KW - VR-SVE KW - cognitive competence KW - revolusi industry 4.0 ID - UNY87023 Y1 - 2024/10/18/ UR - http://eprints.uny.ac.id/87023/ ER -