<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Peta Cognitive Competence Revolusi Industri 4.0 untuk Pengembangan Media Virtual Reality Structure Volume Estimation (VR-SVE)."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran teknik\r\nsipil dengan nama Virtual Reality For Structure Volume Estimation (VR-SVE)\r\nberdasarkan analisis kebutuhan awal terkait peta kebutuhan cognitive competence\r\ndi era Revolusi Industri 4.0, mengetahui kelayakan materi dan media serta tingkat\r\nkeberterimaan pengguna terhadap media yang telah dikembangkan.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan model\r\npengembangan Waterfall yang memiliki langkah-langkah penelitian yaitu (1)\r\nRequirement, (2) Design, (3) Implementation, (4) Verification, dan (5) Maintenance.\r\nInstrumen penelitian terdiri atas instrumen observasi dan angket untuk uji kelayakan\r\nmateri, media, dan keberterimaan VR-SVE oleh pengguna. Penelitian ini dilakukan\r\ndi Universitas Negeri Yogyakarta pada Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan\r\nPerencanaan. Subjek penelitian adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media,\r\ndan 40 orang mahasiswa. Penerapan media dilakukan melalui alpha testing (ahli\r\nmateri dan media) dan beta testing (pengguna). Data hasil penilaian ahli materi dan\r\nmedia dianalisis secara deskriptif sedangkan data observasi dan tingkat\r\nkeberterimaan menggunakan analisis Fuzzy Delphi Method (FDM).\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peta cognitive competence\r\nmengungkap tiga cognitive competence yaitu geometri, spasial ruang, dan numerik\r\nyang dibutuhkan oleh mahasiswa teknik sipil untuk perhitungan rencana anggaran\r\nbiaya, (2) media dirancang dalam bentuk model bangunan dua lantai yang\r\ndilengkapi dengan detail struktur, penulangan, dan sambungan, serta komponen\r\nperhitungan volume yang diimplementasikan dalam aplikasi VR berdasarkan peta\r\ncognitive competence yang telah diidentifikasi, dan (3) pada alpha testing media\r\nVR-SVE mendapatkan hasil pengujian ahli materi kategori “Layak” dan ahli media\r\ndengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan beta testing mendapatkan skor 81,4%-\r\n100% dari skor minimal 75% menandakan bahwa media “Diterima” oleh pengguna."^^ . "2024-10-18" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Candra"^^ . "Dinata"^^ . "Candra Dinata"^^ . . "Moch Bruri"^^ . "Triyono"^^ . "Moch Bruri Triyono"^^ . . . . . . "Analisis Peta Cognitive Competence Revolusi Industri 4.0 untuk Pengembangan Media Virtual Reality Structure Volume Estimation (VR-SVE). (Text)"^^ . . "HTML Summary of #87023 \n\nAnalisis Peta Cognitive Competence Revolusi Industri 4.0 untuk Pengembangan Media Virtual Reality Structure Volume Estimation (VR-SVE).\n\n" . "text/html" . . . "Rekayasa Teknologi"@en . . . "Media Pendidikan" . . . "Technology and Engineering" . .