eprintid: 86957 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/08/69/57 datestamp: 2025-05-20 09:27:42 lastmod: 2025-05-20 09:27:42 status_changed: 2025-05-20 09:27:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IEkasaputra, Wayan Wisnu corp_creators: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. title: Hubungan Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar dan Kecerdasan Intelektual Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Peserta Didik Kelas VII di Sekolah MTsN 1 Indragiri Hilir ispublished: pub subjects: olahraga divisions: fik_pkr_ik full_text_status: public keywords: korelasi, kebugaran jasmani, motivasi belajar, kecerdasan intelektual, hasil belajar, PJOK note: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. abstract: Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui hubungan antara kebugaran jasmani dengan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK, (a) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK, (c) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan intelektual dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK, dan (d) untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani, motivasi belajar dan kecerdasan intelektual dengan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tempat penelitian di Sekolah MTSN 1 Indragiri Hilir. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2. Sumber data terdiri ada dua yaitu sumber primer dari angket dan sumber sekunder dari buku, artikel dan jurnal yang mendukung penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi dan uji regresi berganda. Hasil penelitian yaitu (a) variabel kebugaran Jasmani (X1) ada hubungan yang signifikan terhadap variabel Hasil Belajar (Y) pada mata pelajaran PJOK Kelas VII di Sekolah MTsN 1 Indragiri Hilir, dengan nilai Sig. (2-tailed) variabel Kebugaran Jasmani (X1) sebesar 0,000. Dan nilai koefisien korelasi (r) Kebugaran Jasmani (X1) sebesar 0,992 menunjukkan hubungan sangat kuat, (b) Variabel Motivasi Belajar (X2) ada hubungan yang signifikan terhadap variabel Hasil Belajar (Y) pada mata pelajaran PJOK Kelas VII, dengan nilai Sig. (2-tailed) variabel Motivasi Belajar (X2) sebesar 0,000, dengan nilai koefisien korelasi (r) Motivasi Belajar (X2) sebesar 0,996 menunjukkan hubungan sangat kuat. (c) Variabel Kecerdasan Intelektual (X3) ada hubungan yang signifikan terhadap variabel Hasil Belajar (Y) pada mata pelajaran PJOK Kelas VII, dengan nilai Sig. (2-tailed) variabel Kecerdasan Intelektual (X3) sebesar 0,42, dan (d) ada pengaruh secara simultan variabel Kebugaran jasmani (X1), Motivasi Belajar (X2), Kecerdasan Intelektual (X3) terhadap variabel Hasil Belajar PJOK (Y) dengan nilai signifikansi (Sig) variabel Kebugaran Jasmani (X1), Motivasi Belajar (X2), Kecerdasan Intelektual (X3) sebesar 0,000 dengan besar pengaruh sebesar sebesar 84,7%. date: 2024-12-16 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis citation: IEkasaputra, Wayan Wisnu (2024) Hubungan Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar dan Kecerdasan Intelektual Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Peserta Didik Kelas VII di Sekolah MTsN 1 Indragiri Hilir. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86957/1/fulltext_i%20wayan%20wisnu%20ekasaputra_23060540064.pdf