@phdthesis{UNY86839, school = {Sekolah Pascasarjana}, author = {Tinesa Fara Prihandini and Mochamad Bruri Triyono}, title = {Cassava Virtual Learning App sebagai Inovasi Pelatihan Terintegrasi Augmented Reality (AR) untuk Penguasaan Traditional Knowledge dan Practice.}, year = {2024}, month = {September}, keywords = {augmented reality, inovasi pelatiha, pengetahuan tradisional dan praktik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/86839/}, abstract = {Pengetahuan tradisional merupakan salah satu aset penting yang harus dilestarikan, namun pengetahuan ini terancam oleh modernisasi dan globalisasi, dan platform pelatihan yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) untuk mengajarkan pengetahuan tradisional dan praktik masih minim, sehingga diperlukan pengembangan aplikasi pembelajaran yang mampu memfasilitasi penguasaan pengetahuan tradisional dan praktik dengan materi budidaya singkong. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa cassava virtual learning (CVL) yang layak, praktis, dan signifikan dalam penguasaan pengetahuan tradisional dan praktik di materi budidaya dan pengolahan singkong. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Desain uji coba yang diterapkan adalah pretest-posttest dengan uji sample t-test. Populasi pada penelitian ini adalah sembilan peserta pelatihan di Techniscne Universitat Dresden, Germany. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengukur pemahaman pengetahuan tradisional dan praktik budidaya singkong, angket respon keterbacaan oleh peserta, lembar uji kelayakan produk, lembar uji kepraktisan produk, serta lembar observasi keterlaksanaan pelatihan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan dan kepraktisan produk menggunakan skala baku, sedangkan untuk menguji validitas instrumen penilaian menggunakan N-Gain. Analisis uji signifikansi penggunaan produk dalam penguasaan pemahaman pengetahuan tradisional dan praktik budidaya singkong menggunakan uji sample T-test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Aplikasi CVL yang dihasilkan layak untuk dijadikan media pelatihan berdasarkan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat layak. (2) Aplikasi CVL praktis untuk digunakan oleh masyarakat dan wisatawan sebagai media pelatihan, hal tersebut didukung oleh hasil uji kepraktisan yang berkategori sangat praktis dan hasil uji keterbacaan oleh peserta yang menunjukkan kategori sangat baik. (3) Aplikasi CVL signifikan untuk penguasaan pengetahuan tradisional dan praktik budidaya singkong dilihat dari hasil pengukuran pretest dan posttest. Hasilnya menunjukkan, rata-rata n-gain score adalah 0,70, yang masuk dalam kategori tinggi, dengan rata-rata n-gain percentage sebesar 69,89\%, yang menunjukkan bahwa pelatihan menggunakan aplikasi CVL cukup efektif.} }