%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Context pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka. (2) Hasil evaluasi Input pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka. (3) Hasil evaluasi Process pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka. (4) Hasil evaluasi Product pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka. (5) Hasil evaluasi context, input, process, product pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek evaluasi ini adalah Kepala sekolah, Guru PJOK, pegawai tata usaha, dan peserta didik. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Context evaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka, sebesar 3,22 (baik). Kurikulum operasional satuan pendidikan merupakan pedoman bagi sekolah untuk suatu program pembelajaran melalui kurikulum merdeka belajar yang dimana penerapan/implementasi sudah baik. (2) Input evaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka, sebesar 3,12 (baik). Evaluasi input yang terdiri delapan indikator sangat baik dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka belajar. (3) Process evaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka, sebesar 2,97 (baik). Evaluasi process yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan pedoman implementasi kurikulum merdeka belajar yang digunakan. (4) Product evaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka, sebesar 3,34 (sangat baik). Evaluasi product harus sering dilakukan guna mengetahui perkembangan dan kemajuan hasil belajar peserta didik dan mendorong motivasi belajar setelah selesai mengikuti program pembelajaran. (5) evaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka sebesar 3,16 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka sudah berjalan dengan baik. %L UNY86751 %K valuasi, kurikulum merdeka, PJOK, CIPP %O Dosen Pembimbing: Dr. Tri Ani Hastuti, M.Pd. %T Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri di Kabupaten Majalengka %A Rama Andieto Russetya %I Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan %D 2024