TY - THES TI - Pengaruh Tahun Angkatan dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Pada Calon Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Universitas Negeri Yogyakarta KW - tahun angkatan KW - latar belakang pendidikan KW - kemampuan bahasa Inggris calon guru PJSD N1 - Dosen Pembimbing: Dr. Agus Susworo Dwi Marhaendro, M.Pd. Y1 - 2024/11/14/ PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/86750/ A1 - Suyadi, Anton AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adanya pengaruh tahun angkatan terhadap kemampuan Bahasa Inggris. (2) Adanya pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kemampuan Bahasa Inggris. (3) Adanya hubungan antara pengaruh tahun angkatan tahun angkatan dan latar belakang pendidikan untuk menganalisis kemampuan Bahasa Inggris calon guru Pendidikan Jasmani dan Sekolah Dasar (PJSD) Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan data penelitian dari data sekunder yaitu data calon guru PJSD selama empat tahun Angkatan, latar belakang Pendidikan dan skor hasil ProTEFL mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Univarite, Bivarite, dan Multivarite. Populasi penelitian ini sejumlah 556 calon guru PJSD dengan sampel sebanyak 445 siswa. Berdasarkan analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara tahun angkatan dengan kemampuan Bahasa Inggris calon guru PJSD berdasarkan nilai skor ProTEFL.dengan nilai signifikan dimana Asimp.sig 0,000 < 0,05. Kemudian tidak ada hubungan antara latar belakang pendidikan dengan kemampuan Bahasa Inggris calon guru PJSD berdasarkan nilai skor ProTEFL dengan nilai signifikan dimana Asimp.sig 0,943> 0,05. Terdapat pengaruh secara parsial antara tahun angkatan dan latar belakang pendidikan terhadap kemampuan Bahasa Inggris calon guru PJSD berdasarkan nilai skor ProTEFL dengan nilai sig < 0,05. Tahun angkatan memiliki pengaruh parsial terhadap nilai skor mahasiswa dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap nilai skor mahasiswa karena nilai sig 0,810 > 0,05. ID - UNY86750 ER -