relation: http://eprints.uny.ac.id/86742/ title: Pengembangan Model Pengujian Tes Berbasis Komputer Terintegrasi Analisis Klaster untuk Penilaian Kemampuan Bakat sebagai Rekomendasi Awal Pemilihan Mata Pelajaran Peminatan Calon Siswa Sekolah Menengah Atas. creator: Ridwan, M. Rais creator: Hadi, Samsul subject: Pendidikan Menengah subject: Komputer subject: Evaluasi Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) konstruk instrumen tes bakat peminatan; (2) instrumen penilaian kemampuan bakat yang valid dan reliabel; (3) model pengujian CBT dengan kriteria performansi berdasarkan komponen bank soal, prosedur pemilihan butir, penggunaan metode estimasi, akurasi penentuan pola peminatan, dan kriteria penghentian administrasi tes; dan (4) profil kemampuan bakat dan rekomendasi peminatan calon siswa SMA. Penelitian merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap analisis, desain, develop, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis terdiri dari studi pendahuluan dan kajian literatur. Tahap desain terdiri dari desain konstruk instrumen tes bakat dan algoritma model pengujian CBT terintegrasi analisis klaster. Tahap pengembangan terdiri dari penyusunan model konstruk instrumen bakat, validasi produk instrumen tes oleh ahli, revisi produk berdasarkan validasi isi, uji coba instrumen tes, revisi produk berdasarkan analisis kualitas instrumen menggunakan data hasil uji coba instrumen tes, validasi produk model pengujian CBT oleh penilaian ahli, revisi produk model berdasarkan hasil validasi ahli, dan uji coba produk model pengujian CBT. Tahap implementasi produk merupakan pelaporan penilaian kemampuan bakat dan pengelompokan peminatan siswa. Tahap evaluasi terdiri dari penilaian akurasi terhadap model pengujian CBT berdasarkan pengelompokan peminatan dan juga kegiatan diseminasi dalam bentuk HaKI yang dipatenkan dan penerbitan hasil penelitian dalam bentuk artikel pada jurnal internasional bereputasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen tes bakat peminatan terdiri dari kemampuan verbal, numerik, dan spasial dan masing-masing faktor general didefinisikan oleh tiga faktor spesifik yakni kemampuan verbal (kemampuan sinonim, antonim, dan analogi); kemampuan numerik (aljabar, aritmatika, dan geometri); kemampuan spasial (visualisasi, rotasi mental, dan orientasi). (2) Tes yang dihasilkan memenuhi kriteria validasi isi menurut penilaian ahli; dan juga kriteria validitas dan estimasi reliabilitas konstruk berdasarkan CFA model IRT multidimensi menggunakan model bifaktor. (3) Performansi model yang dihasilkan memenuhi kriteria algoritma penyusunan model pengujian CBT dan memiliki tingkat akurasi yang akurat dalam penentuan pola pengelompokan peminatan. (4) Kinerja model yang dihasilkan memiliki tingkat akurasi yang akurat dalam pengelompokan peminatan berdasarkan minat awal, nilai rapor, dan hasil estimasi kemampuan bakat. date: 2024-10-15 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/86742/1/disertasi_m.%20rais%20ridwan_19701261009.pdf identifier: Ridwan, M. Rais and Hadi, Samsul (2024) Pengembangan Model Pengujian Tes Berbasis Komputer Terintegrasi Analisis Klaster untuk Penilaian Kemampuan Bakat sebagai Rekomendasi Awal Pemilihan Mata Pelajaran Peminatan Calon Siswa Sekolah Menengah Atas. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.