<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Asesmen Mathematical Creative Problem-Solving bagi Siswa SMP."^^ . "Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan model asesmen mathematical creative problem-solving (MCPS) bagi siswa sekolah menengah pertama (SMP), (2) mendeskripsikan kualitas model asesmen tersebut, dan (3) mendeskripsikan hasil pengukuran kemampuan MCPS siswa SMP.\r\nPenelitian pengembangan ini meliputi 10 tahapan, yaitu: (1) studi literatur dan studi lapangan, (2) perencanaan tujuan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi pakar dan uji coba keterbacaan, (5) revisi, (6) uji coba terbatas, (7) revisi, (8) uji skala luas, (9) revisi, dan (10) analisis dan interpretasi. Model asesmen terdiri dari rancangan model, instrumen, dan buku model. Uji coba instrumen dilakukan pada 657 siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Kudus. Pengujian meliputi uji keterbacaan dengan 25 siswa, uji coba terbatas dengan 240 siswa, dan uji coba luas dengan 392 siswa. Validitas model dibuktikan melalui validitas isi yang melibatkan 7 ahli dan uji kecocokan model. Validitas instrumen dibuktikan melalui validitas isi dengan formula Aiken dan validitas konstruk dengan CFA. Reliabilitas diestimasi menggunakan reliabilitas konstruk. Analisis kualitas butir instrumen dilakukan dengan Item Response Theory (IRT) model Partial Credit Model (PCM). Validitas buku model asesmen dibuktikan dengan validitas isi. Profil siswa hasil pengukuran dianalisis dengan statistik deskriptif.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model asesmen MCPS mencakup desain, instrumen penilaian, dan buku panduan, untuk mendokumentasikan kemampuan MCPS siswa dan memberikan umpan balik guna meningkatkan kualitas pembelajaran melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan interpretasi. (2) Kualitas model asesmen baik yang dibuktikan dengan valid dan fit dengan data. Kualitas instrumen valid, reliabel, dan baik (validitas isi mencapai nilai batas 0,75 dan validitas konstruk dengan koefisien SLF ≥ 0,3 dan t-value < -1,96 atau t-value > 1,96; reliabilitas konstruk melampaui batas minimal 0,7; parameter butir memiliki karakteristik unidimensi dengan penskoran PCM, tingkat kesukaran butir yang baik (sedang hingga tinggi), dan akurat untuk mengukur siswa dengan kemampuan -3,214 hingga 5,146 (dalam skala logit). Kualitas buku model baik (valid). (3) Kemampuan MCPS siswa dikategorikan menjadi sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kreativitas dasar, dan perlu pengembangan kreativitas. Hasil klasifikasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada tingkat cukup kreatif, sementara hanya sedikit yang mencapai kategori sangat kreatif. Kemampuan siswa berdasar taksonomi SOLO dari yang terendah hingga tertinggi adalah unistruktural, multistruktural, dan relasional. Kemampuan siswa dalam near transfer lebih rendah dari far transfer."^^ . "2024-10-29" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Sugiman"^^ . "Sugiman"^^ . "Sugiman Sugiman"^^ . . "Himmatul"^^ . "Ulya"^^ . "Himmatul Ulya"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Asesmen Mathematical Creative Problem-Solving bagi Siswa SMP. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #86739 \n\nPengembangan Model Asesmen Mathematical Creative Problem-Solving bagi Siswa SMP.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Matematika"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . .