%I Sekolah Pascasarjana %T Studi Kasus Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas pada SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo. %D 2024 %A Setiyatna Hery %A Harun Harun %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis kelas pada SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif, merupakan penelitian jenis studi kasus instrinsik melalui tiga tahapan: (1) pengumpulan data, (2) mendeskripsikan, dan (3) menganalisis data, untuk memunculkan kisah unik, berupa minat instrinsik pada kasus- kasus implementasi PPK berbasis kelas di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo mulai Oktober 2022 sampai Juni 2023. Subjek penelitian adalah guru matapelajaran kimia, fisika, biologi, dan matematika. Sumber data adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wali kelas, Tim BPI dan siswa kelas XI, serta dokumen pendukung lainnya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi metode, triangulasi sumber, dan perpanjangan observasi. Data dianalisis dengan software Atlas.Ti Versi 8. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pola implementasi PPK berbasis kelas di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo adalah sebagai berikut. (a) Kepala sekolah mendelegasikan pelaksanaan PPK berbasis kelas kepada wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, secara operasional dilaksanakan oleh Tim Bina Pribadi Islami (BPI). (b) Program kerja PPK berbasis kelas disusun berdasar standar mutu kekhasan SIT me- lalui penanaman, penguatan dan pembiasaan nilai karakter dalam kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. (c) Praktik pembelajaran dilaksanakan bersama oleh wali kelas dan guru matapelajaran, di saat kehadiran siswa dengan menyalami di halaman sekolah, dan wali kelas melakukan penanaman nilai karakter 10 menit pertama di kelas masing-masing. Guru-guru matapelajaran mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) wajib merencanakan nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam praktik pembelajaran. Wali kelas, guru matapelajaran dan mentor para siswa kelas XII sangat konsistens mengawal perilaku baik siswa di dalam kelas pembelajaran. Implementasi PPK berbasis kelas tercermin dalam kepedulian pada lingkungan dan se- mangat gotong royong siswa, sampai berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasi- onal Tahun 2023. (d) Evaluasi nilai karakter dilakukan secara holistik dengan melihat aspek akademis, perilaku siswa, interaksi sosial, dan psikomotor. Evaluasi kolaboratif melibatkan wali kelas, guru matapelajaran, dan guru BK sebagai penilainya. Alat evaluasi dengan instrumen evaluasi afektif pada RPP dan perangkat tata tertib siswa SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo hasil musyawarah perwakilan kelas. (2) Kebaruan penelitian ini adalah bahwa hanya siswa kelas XII yang lolos seleksilah yang terpilih sebagai mentor dalam implementasi PPK berbasis kelas di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo. %K berbasis kelas, implementas, penguatan pendidikan karakter, SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo %L UNY86736