eprintid: 86731 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/67/31 datestamp: 2025-04-29 07:51:49 lastmod: 2025-04-29 07:51:49 status_changed: 2025-04-29 07:51:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Bahar, Rosid creators_name: Rosnawati, R. title: Pengembangan Instrumen Capaian Pembelajaran Matematika pada Ujian Akhir Pesantren. ispublished: pub subjects: F4 subjects: ep divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: akhlakul karimah, instrumen, numerasi, pondok pesantren abstract: Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan produk instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan numerasi dan sikap akhlakul karimah santri pondok pesantren muadalah muallimin dengan konstruksi yang baik, (2) menilai kualitas instrumen yang dikembangkan tersebut, (3) menyajikan profil kemampuan numerasi dan sikap akhlakul karimah santri kelas 3 tingkat wustha di Jawa Barat dengan instrumen tersebut, dan (4) mengevaluasi efektivitas instrumen tersebut. Penelitian pengembangan ini terdiri dari tahap perencanaan, penyusunan instrumen, evaluasi, dan pelaksanaan pengukuran. Pada tahap perencanaan, dilakukan studi terhadap cakupan konten dan spesifikasi. Tahap penyusunan instrumen numerasi dilakukan dengan menulis telaah item, revisi dan validasi. Tahap evaluasi instrumen kemampuan numerasi dilakukan melalui perakitan tes, uji coba, analisis, dan revisi. Tahap pengukuran dilakukan melalui pelaksanaan dan penafsiran hasil pengukuran. Sampel sebanyak 607 santri ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Pembuktian validitas instrumen numerasi menggunakan validitas isi melalui penilaian expert judgement, kemudian diukur secara kuantitatif menggunakan Formula Aiken. Sedangkan pembuktian Instrumen sikap akhlakul karimah menggunakan validitas isi melalui expert judgment dan validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysisis (CFA). Instrumen numerasi dianalisis menggunakan Teori Respon Butir model Rasch/PCM dengan bantuan Program R Studio. Keandalan instrumen dievaluasi berdasarkan nilai Total Information Function (TIF) dan Standard Error of Measurement, sedangkan reliabilitas instrumen sikap akhlakul karimah menggunakan construct reliability. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen penilaian numerasi meliputi konten bilangan, aljabar, geometri, pengukuran, data, dan kepastian, dengan penerapan konteks saintifik, personal, dan keislaman berbasis kepesantrenan. Level kognitif yang terlibat mencakup pemahaman, penerapan, dan penalaran. Konstruksi instrumen sikap akhlakul karimah meliputi Istiqamah, Hirsun, Tadqiq, Targhib dan Tarhib. (2) Kualitas instrumen memenuhi kriteria instrumen yang baik, dengan validitas isi dan konstruk yang terbukti, dan penilaian numerasi memiliki karakteristik tingkat kesulitan yang baik, dari sisi validitas, reliabilitas dan kualitas butir. (3) Analisis kemampuan numerasi mengindikasikan bahwa 21,67% di tingkat perlu intervensi khusus, 27,42% berada di tingkat dasar, 27,68 % di tingkat cakap, dan 23,24% di tingkat mahir. Analisis aspek sikap akhlakul karimah santri menunjukkan bahwa sikap sangat baik sebssar 13,39%, baik 56,25%, dan kurang baik sebesar 30,36%. (4) Instrumen yang dikembangkan efektif dalam mengukur kemampuan numerasi dan sikap santri berdasar kategori valid, reliabel, keaslian dan pencatatan hasil observasi. date: 2024-08-15 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Bahar, Rosid and Rosnawati, R. (2024) Pengembangan Instrumen Capaian Pembelajaran Matematika pada Ujian Akhir Pesantren. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86731/1/disertasi_rosid%20bahar_20701261004.pdf