TY - THES KW - Evaluasi ROI KW - Pembelajaran ICT KW - SEM KW - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Y1 - 2024/08/14/ PB - Sekolah Pascasarjana TI - Evaluasi Pembelajaran Teknologi Informasi dengan Model Phillips di prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). A1 - Muzakki, M. Saidul A1 - Hadi, Samsul UR - http://eprints.uny.ac.id/86730/ ID - UNY86730 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menggunakan model evaluasi ROI (Return on Investment). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dampak pembelajaran ICT melalui lima level evaluasi: reaksi, pembelajaran, perilaku, hasil, dan ROI. Metode penelitian Penelitian ini menggunakan metode evaluasi berdasarkan lima level Model ROI Phillips: Reaksi, Pembelajaran, Perilaku, Hasil, dan ROI. Data yang dikumpulkan mencakup biaya-biaya seperti biaya paket data, transportasi, dan makan, serta manfaat finansial dan non-finansial yang dikonversi ke nilai finansial. Analisis dilakukan dengan menghitung total biaya dan manfaat untuk menentukan ROI. Analisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hubungan antara variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana pembelajaran (rerata penilaian 240,3) dan sarana pembelajaran (rerata penilaian 219,2) berada dalam kategori "Baik." Materi dan metode pembelajaran juga dinilai "Baik" dengan rerata penilaian masing-masing sebesar 70,2% dan 75,9% dari skor maksimal. Sikap terhadap pembelajaran ICT dinilai "Sangat Baik" dengan persentase 82,3%, mencerminkan antusiasme dan motivasi tinggi di kalangan mahasiswa. Motivasi secara keseluruhan dinilai "Baik" dengan persentase 72,8%. Kinerja mahasiswa dan dosen juga dinilai "Baik" dengan persentase 76,7%. Total biaya yang dikeluarkan untuk program pembelajaran teknologi informasi adalah Rp 670.000. ROI yang diperoleh dari program ini adalah sekitar 9467.16%, menunjukkan pengembalian investasi yang sangat signifikan Hasil Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa sarana prasarana (SAR) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja dosen (KD) dengan koefisien jalur sebesar 0.17 (t-value = 1.163, p > 0.05), dan motivasi mahasiswa (MOT) sebesar 0.19 (t-value = 1.027, p > 0.05). Kinerja dosen berpengaruh kuat terhadap motivasi mahasiswa sebesar 0.190 (t- value = 1.027, p > 0.05), yang selanjutnya mempengaruhi sikap mahasiswa (SIK) sebesar -0.258 (t-value = -1.787, p < 0.05). Sikap mahasiswa memiliki pengaruh terbesar terhadap suasana kelas (SK) sebesar 0.394 (t-value = 3.992, p < 0.05). Selain itu, sarana prasarana juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap suasana kelas (SK) sebesar 0.552 (t-value = 6.152, p < 0.05). Hasil ini menegaskan pentingnya peningkatan sarana prasarana, kinerja dosen, dan motivasi mahasiswa dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. AV - restricted M1 - disertasi ER -