eprintid: 86728 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/67/28 datestamp: 2025-04-29 07:34:30 lastmod: 2025-04-29 07:34:30 status_changed: 2025-04-29 07:34:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yulvinamaesari, Yulvinamaesari creators_name: Kumaidi, Kumaidi title: Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. ispublished: pub subjects: D2 subjects: F2 subjects: ep divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: : fisika, keterampilan berpikir kritis, Kurikulum Merdeka abstract: Penelitian ini bertujuan 1). Menguji karaketeristik dari modifikasi instrumen pengukuran keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMA. 2). Menganalisis pemetaan profil keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMA Jenis penelian ini adalah penelitian dalam kategori penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini telah menggunakan instrumen yang telah diadaptasi dan dimodifikasi baik dari segi materi yang tuliskan di dalam butir soal, maupun tehnik penskoran. Sebagian besar materi dalam instrumen tes yang digunakan dimodifikasi dengan memasukkan unsur yang terkait dengan kurikulum merdeka, sehingga muncul pembeda dari instrumen awal dengan instrumen yang telah dimodifikasi dalam penelitian ini. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA yang telah menerima materi sesuai dengan materi pada penerapan kurikulum merdeka di sekolah. Sampel penelitian ini terdiri dari 310 peserta didik pada tahapan uji coba instrumen, dan 612 peserta didik pada tahap pengukuran. Instrumen yang digunakan mempunyai 30 butir soal pilihan ganda beralasan dengan lima option jawaban. Kualitas instrumen dilakukan dengan validasi oleh ahli pengukuran, ahli pendidikan fisika, dan ahli bidang fisika dan dianalisis menggunakan formula Aiken, dan hasil penilaian dari para ahli reliabel dan semua butir instrumen valid secara konten. Hasil analisis ujicobanya dianalisis secara IRT. Validitas isi instrumen diperoleh melalui expert judgement dan validitas konstruk instrumen diperoleh melalui CFA. Instrumen yang dimodifikasi memenuhi syarat validitas isi dan memiliki reliabilitas sebesar 0,80. Semua item soal Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Kelas XI SMA memiliki loading faktor lebih dari 0,5. Pada penelitian ini terdapat lima kategori tingkat kemampuan berpikir kritis fisika Siswa SMA yang dibagi dalam lima kelompok berdasarkan interval skor mereka. Secara keseluruhan, data menunjukkan mayoritas siswa berada pada tingkat kemampuan berpikir kritis yang sedang hingga rendah. Hanya sebagian kecil yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis tinggi. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui metode pengajaran yang lebih efektif, latihan berpikir kritis yang intensif, dan perbaikan dalam proses pembelajaran. Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan spesifik dalam kemampuan berpikir kritis siswa, dan mengusulkan solusi yang sesuai, kita dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara keseluruhan. date: 2024-07-23 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: disertasi citation: Yulvinamaesari, Yulvinamaesari and Kumaidi, Kumaidi (2024) Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86728/1/disertasi_yulvinamaesari_17701261011.pdf