<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Nilai-Nilai Etika yang Terkandung dalam Syair Lagu Dolanan Anak Jawa: Sebuah Kajian Etnografi."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai etika yang ada di balik syair-\r\nsyair lagu dolanan anak Jawa yang ada dan tumbuh-kembang pada masyarakat Jawa.\r\nBerdasarkan pengamatan peneliti, belum ada penelitian sebelumnya yang mencoba\r\nmengungkap nilai-nilai etika di balik syair-syair lagu dolanan anak Jawa tersebut.Penelitian\r\nini bertujuan menyusun instrumen yang dapat digunakan untuk memandu siapa pun yang\r\ningin mencaritemukan nilai-nilai etika yang terkandung dalam syair lagudolanan anak Jawa.\r\nObjek material penelitian yang didekati secara etnografis ini adalah syair- syair lagu\r\ndolanan anak Jawa yang sudah terdokumentasi dalam buku “Gendhing- gendhing Dolanan”\r\nyang disusun oleh Sri Widodo, terbitan CV Cendrawasih Sukoharjo Surakarta.Jumlah teks\r\nlagu dalam buku itu awalnya ada 117 syair lagu. Namun, setelah dicermati ada teks yang\r\ntertulis dua kali, sehingga jumlah keseluruhan ada 94 syair lagu. Objek formal penelitian\r\nyang pertama adalah nilai- nilai etika yang didasarkan pada konsep Filsafat Joged Mataram,\r\nyang terdiri atas sawiji, greged, sengguh, dan ora mingkuh. Kajian atas empat unsur tersebut\r\ndilakukan setelah syair-syair lagu dolanan anak Jawa itu dikelompokkan menjaditiga\r\nkategori, yakni hiburan, pengetahuan, dan nasehat. Objek formal yang kedua adalah format\r\ninstrumen untuk mencaritemukan nilai-nilai etika yang terkandung dalam syair-syair lagu\r\ndolanan anak Jawa.\r\nHasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Nilai-nilai etika dolanan anak Jawa\r\nberdasar Filsafat Joged Mataram yang terdiri atas: a) sawiji (fokus, perhatian, pekerja keras,\r\nkejujuran, ketelitian); b) greged (rajin, berorientsi pada masa depan, berjuang, penuh harapan);\r\nc) sengguh (motivasi, berani, objektif, kompeten. kreativitas,percaya diri); dan d) ora mingkuh\r\n(pantang mundur, tanggug jawab, kesetiaan, teguhhati, ulet.). Setelah syair-syair tersebut\r\ndipilahkan atas kategori: hiburan, pengetahuan, dan nasehat, diketemukan ada 21 nilai, yaitu:\r\nspiritualitas keagamaan, sikap pasrah, moralitas religius, penghayatan keagamaan, etika\r\nkemanusiaan, perilaku humanis, mempertajam kepekaan, kesadaran lingkungan, kasih\r\nsayang, etika kebangsaan, rasa kebersamaan, keletadanan histori, nasionalisme, etika kearifan\r\nlokal, saling menghomati, kemakmuran, watak jujur,etika keadilan, rajin bekerja, rendah hati,\r\ndankarya kreatif. (2) Instrumen untuk menilai etika dalam syair lagu dolanan anakdisusun\r\nberdasarkan perjumpaan antara unsur dalamfilsafat Joged Mataram (sawiji, greged, sengguh,\r\ndan ora mingkuh) dan kategorisasi lagudolanan anak (hiburan, pengetahuan, dan nasehat)."^^ . "2024-08-14" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Margana"^^ . "Margana"^^ . "Margana Margana"^^ . . "Yuli Sectio"^^ . "Rini"^^ . "Yuli Sectio Rini"^^ . . . . . . "Nilai-Nilai Etika yang Terkandung dalam Syair Lagu Dolanan Anak Jawa: Sebuah Kajian Etnografi. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #86727 \n\nNilai-Nilai Etika yang Terkandung dalam Syair Lagu Dolanan Anak Jawa: Sebuah Kajian Etnografi.\n\n" . "text/html" . . . "Kebudayaan"@en . . . "Sejarah"@en . . . "Sosiokultural" . .