eprintid: 86725 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/67/25 datestamp: 2025-04-29 04:18:55 lastmod: 2025-04-29 04:18:55 status_changed: 2025-04-29 04:18:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Firmansyah, Firmansyah creators_name: Prasojo, Lantip Diat title: Pengembangan Instrumen Tes Kompetensi Digital Kepala Sekolah. ispublished: pub subjects: ep subjects: pasca_sarjana divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: kepala sekolah, kompetensi digital abstract: The International Society for Technology in Education (ISTE) telah merumuskan indikator-indikator yang menunjukkan kompetensi digital kepala sekolah dan telah banyak dikembangkan dalam instrumen penilaian berupa angket sikap di beberapa negara. Sementara, penelitian ini berusaha untuk mengembangkan indikator ISTE tersebut ke dalam 3 aspek penilaian, yaitu: (a) aspek pengetahuan, (b) aspek sikap, dan (c) aspek keterampilan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1) mengembangkan dimensi-dimensi kompetensi digital kepala sekolah berdasarkan 3 aspek; 2) menilai validitas konstruk, validitas isi, dan reliabilitas instrumen penilaian kompetensi digital kepala sekolah; dan 3) menilai kompetensi digital kepala sekolah di SD wilayah D.I. Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan tes oleh Djemari Mardapi (2017). Subjek uji coba terdiri dari validator ahli kompetensi digital, ahli kompetensi digital kepala sekolah, ahli pengukuran, dan kepala sekolah SD di wilayah D.I. Yogyakarta dengan total 898 orang responden. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan tes kompetensi digital kepala sekolah. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk memberikan wawasan mendalam tentang persepsi dan tanggapan terhadap produk yang dikembangkan dan analisis data kuantitatif memberikan informasi objektif tentang kualitas dan efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil validitas isi (content validity) yang melibatkan 7 ahli instrumen dan materi menunjukan bahwa instrumen sangat layak digunakan, dengan nilai rata-rata sebesar 4,78 dan rentang nilai Indeks Aiken antara 0,93-0,96. Hasil validitas konstruk (construct validity) menunjukkan bahwa nilai AIC = 6065,7 dan BIC = 6780.6 lebih rendah dibandingkan model unidimensional, menandakan bahwa model multidimensional lebih unggul. Nilai goodness of fit yang rendah menunjukkan bahwa model multidimensional cocok dengan data. Estimasi model 2PL pada skala dikotomus menunjukkan nilai AIC = 3651.8 dan BIC = 3869.8 yang lebih kecil dibandingkan model 1PL dan 3PL, dengan 25 item yang valid. Sementara itu, estimasi model GPCM pada skala politomus menunjukkan nilai AIC = 2848,9 dan BIC = 2095,9 yang lebih kecil dibandingkan model GRM dan PCM, dengan 23 item yang valid. Uji reliabilitas menggunakan Expected a Posteriori (EaP) dan kurva Test Information Function menunjukkan nilai reliabilitas lebih dari 0,9 (r = 0,984), yang berarti instrumen ini sangat reliabel. Hasil penilaian kompetensi digital kepala sekolah dasar di D.I. Yogyakarta menunjukan nilai rata- rata dalam kategori rendah (78%), sedang (16%), dan tinggi (6%). Pengujian lebih lanjut untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen dalam berbagai konteks dan populasi yang berbeda perlu dilakukan untuk memastikan generalisasi hasil. date: 2024-08-06 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Firmansyah, Firmansyah and Prasojo, Lantip Diat (2024) Pengembangan Instrumen Tes Kompetensi Digital Kepala Sekolah. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/86725/1/disertasi_firmansyah_21701261048.pdf