<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Ke- NU-an di Lembaga Pendidikan Ma’arif."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Instrumen Evaluasi pembelajaran Ke-NU-an yang akurat, dan (2) mendeskripsikan kelayakan Pengembangan Instrumen Evaluasi yang dikembangkan di Lembaga Pendidikan Ma’arif.\r\nTahapan penelitian meliputi empat tahap yaitu: (1) tahap investigasi awal; (2) tahap perencanaan; (3) tahap uji coba, evaluasi, dan revisi; dan (4) tahap implementasi. Penelitian di lakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 1 Kebumen. Subjek penelitian meliputi pengurus Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif, kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran Ke-NU-an, dan siswa. Data yang dikumpulkan meliputi data reliabilitas dan validitas instrument, data keterlaksanaan, dan data kelayakan Pengembangan Instrumen Evaluasi pembelajaran Ke-NU-an. Instrumen penelitian terdiri atas panduan FGD, angket, dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.\r\nPenelitian ini menghasilkan Instrumen Evaluasi pembelajaran Ke- NU-an di Lembaga Pendidikan Ma’arif. Instrumen digunakan untuk mengevaluasi Konteks, input, proses, dan output pembelajaran Ke-NU-an. Evaluasi Konteks terdiri dari kepemilikan dokumen kurikulum, kesesuaian isi kurikulum dengan visi, misi, dan tujuan LP Ma’arif, pelaksanaan kurikulumberdasarkan struktur dan muatan Buku Pedoman LP Ma’arif. Evaluasi inputterdiri atas kompetensi pendidik dan sarana prasarana. Evaluasi proses terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran Ke-NU-an. Evaluasi ouput terdiri atas aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek psikomotor. Panduan istrumen secara empirik telah dinyatakan sangat baik dalam uji implementasi oleh pengguna, yaitu pengelola/pimpinan/staff Lembaga Pendidikan Ma’arif. Uji secara empirik terhadap instrument menunjukkan hasil valid dan reliabel melalui penilaian pakar, Exploratory Factor Analysis, dan Confirmatory Factor Analysis. Efektivitas instrumen secara empirik dinyatakan sangat baik, dengan nilai X (skor rerata lapangan) sebesar 22."^^ . "2024-07-30" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Imam"^^ . "Subarkah"^^ . "Imam Subarkah"^^ . . "Sudji"^^ . "Munadi"^^ . "Sudji Munadi"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Ke- NU-an di Lembaga Pendidikan Ma’arif. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #86720 \n\nPengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Ke- NU-an di Lembaga Pendidikan Ma’arif.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Penelitian" . .