TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/86718/ ID - UNY86718 Y1 - 2024/08/07/ AV - restricted M1 - tesis A1 - Fandaly, Aria A1 - Hariyanto, V. Lilik N2 - Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui seberapa besar persentase pengetahuan TPACK guru SMK di Halmahera Utara, (2) Untuk mengetahui seberapa besar persentase implementasi TPACK guru SMK di Halmahera Utara, dan (3) Untuk mengetahui faktor faktor pendukung dan kendala TPACK guru SMK di Halmahera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Metode pada penelitian survey dengan deskriptif analitis. Penelitian survey deskriptif digunakan untuk mengambil sampel dari suatu populasi untuk mengumpulkan informasi dari responden. Penelitian dilakukan untuk mnegukur fenomena terkait kompetensi TPACK guru SMK sehingga dikembangkan dan diperoleh fakta namun tidak melakukan pengujian hipotesa. Sampel penelitian pengukuran kompetensi TPACK sebanyak 250 guru di Halmahera Utara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) persentase pengetahuan TPACK guru di Halmahera menunjukkan15,2% berkategori sangat kompeten, 75,6% berkategori kompeten, 9,2% berkategori kurnag kompeten, 0% berkategori tidak kompeten, dan 0% berkategori sangat tidak kompeten. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulakan bahwa mayoritas pengetahuan TPACK guru SMK di Halmahera Utara adalah berkompeten; (2) implementasi TPACK guru SMK di Halmahera Utara sebanyak 0% implementasi TPACK guru SMK di Halmahera Utara berkategori sangat berkompeten, 25% berkategori kompeten, 75% berkategori kurang kompeten, 0% berkategoritidak kompeten, dan 0% berkategori sangat tidak kompeten. Berdasarkan data tersebut dapat dapat disimpulkan bahwa mayoritas implementasi TPACK guru SMK di Halmahera Utara adalah cenderung kurang kompeten.; (3) Faktor pendukung TPACK guru yaitu; a) adanya seminar bagi guru, b) biaya seminar yang difasilitasi, c) Ketersediaan laptop sedangkan faktor kendala TPACK yaitu a) Akses internet yang kurang memadai, b) buku pengembangan bagi guru yang masih minim, c) perpustakaan yang tidak memadai, d) Kegiatan KKG yang tidak berjalan lancar serta, e) pengadaan proyekor yang masih sedikit pada rata-rata sekolah. TI - Analisis Kompetensi TPACK Guru SMK Di Kabupaten Halmahera Utara. PB - Sekolah Pascasarjana KW - TPACK KW - Halmahera Utara ER -