%0 Thesis %9 S3 %A Nurbowo, Yarso %A Santoso, Agus %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2024 %F UNY:86715 %I Sekolah Pascasarjana %K era Industri 4.0, keterampilan hijau, SMK, upaya %T Upaya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Membekali Green Skills Siswa di Era Industri 4.0. %U http://eprints.uny.ac.id/86715/ %X Penelitian ini bertujuan mengungkap besarnya nilai tingkat kategori (1) integrasi elemen-elemen green skills pada kurikulum, modul ajar, dan tujuan pembelajaran yang dirancang dan diterapkan; (2) integrasi elemen-elemen green skills pada kebijakan yang dirancang dan diterapkan; (3) kemitraan yang dilakukan SMKN dengan pihak lain yang fokus pada isu lingkungan hidup dan pembekalan green skills siswa; (4) hambatan, dan kendala teknis yang dihadapi SMKN dalam membekali green skills siswa; dan (5) upaya yang dirancang,dan diterapkan SMKN dalam membekali green skills siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan staf pada program keahlian DPIB se-DIY. Responden sebanyak 59 orang ditetapkan dengan teknik cluster sampling, terdistribusi di SMKN 2 Depok, SMKN 1 Sedayu, SMKN 2 Yogyakarta, SMKN 2 Pengasih, dan SMKN 2 Wonosari. Data diperoleh melalui angket tertutup, wawancara terbuka dan terstruktur, serta dokumentasi, dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Integrasi elemen-elemen green skills pada kurikulum, modul ajar, dan tujuan pembelajaran yang dirancang dan diterapkan pada program keahlian DPIB dikategori tinggi dengan persentase capaian 70,7%. (2) Integrasi elemen-elemen green skills pada kebijakan yang dirancang dan diterapkan pada program keahlian DPIB dikategori tinggi dengan persentase capaian 75,7%. (3) Kemitraan yang dilakukan SMKN dengan pihak lain (institusi di dalam atau luar negeri) yang fokus pada isu lingkungan hidup, dan pembekalan green skills siswa dikategori rendah dengan persentase capaian 52,0%. (4) Hambatan dan kendala teknis yang dihadapi SMKN dan program keahlian DPIB dalam membekali green skills siswa dikategori tinggi dengan persentase capaian 73,4%. (5) Upaya yang dilakukan SMKN dalam membekali green skills siswa dikategori tinggi dengan persentase capaian 66,1%. Upaya yang dilakukan SMKN adalah mengintegrasikan elemen-elemen green skills ke dalam kurikulum, modul ajar, tujuan pembelajaran, dan kebijakan, serta menjalin kemitraan dengan pihak lain yang fokus pada isu lingkungan hidup dan pembekalan green skills siswa.