%0 Thesis %9 S2 %A Galung, Evita Anindiyan Huta %A Sudira, Putu %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2024 %F UNY:86713 %I Sekolah Pascasarjana %K efikasi diri, inovasi guru, kinerja guru, kompetensi profesional %T Kontribusi Inovasi Guru Kompetensi Profesional dan Efikasi Diri terhadap Kinerja Guru SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kabupaten Sleman. %U http://eprints.uny.ac.id/86713/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi (1) inovasi guru; (2) kompetensi profesional; (3) efikasi diri guru; dan (4) inovasi guru, kompetensi profesional, dan efikasi diri guru terhadap kinerja guru program keahlian teknik komputer dan informatika di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK produktif program keahlian Teknik Komputer dan Informatika di Kabupaten Sleman yang berjumlah 78 guru. Sample penelitian ini adalah 66 guru yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang divalidasi melalui expert judgement dan analisis product moment Kolmogorov Smirnov. Reliabilitas angket diuji menggunakan Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kontribusi inovasi guru terhadap kinerja guru program keahlian teknik komputer dan informatika di Kabupaten Sleman sebesar 34,8% dan berpengaruh secara positif. (2) Kontribusi kompetensi profesional terhadap kinerja guru adalah 26,5% dan berpengaruh secara positif. (3) Kontribusi efikasi diri guru terhadap kinerja guru adalah 49,2% dan berpengaruh secara positif. (4) Kontribusi inovasi guru, kompetensi profesional, dan efikasi diri guru secara simultan terhadap kinerja guru adalah 52,3% dan berpengaruh secara positif.